Penerapan model problem solving berbantuan Kantong soal untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas iii di sdn 1 tigajuru

Octavianingsih, Endah Ayu (2019) Penerapan model problem solving berbantuan Kantong soal untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas iii di sdn 1 tigajuru. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (896kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstrak

Pendidikan dengan kualitas baik adalah cita-cita bangsa Indonesia untuk menyiapkan manusia yang berkualitas, dengan penerapan kurikulum baru di era sekarang ini diharapkan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, aktif, kreatif, dan kritis. Fakta yang didapatkan berdasarkan observasi di lapangan: 1) pembelajaran masih menggunakan model konvensional; 2) aktivitas belajar siwa masih kurang; 3) rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan keterampilan mengajar guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan problem solving berbantuan Kantong Soal; (2) mendeskripsikan seberapa besar peningkatan aktivitas belajar siswa dengan penerapan problem solving berbantuan Kantong Soal; (3) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan problem solving berbantuan Kantong Soal. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas III SDN 1 Tigajuru dengan subjek penelitian 25 siswa dan peneliti sebagai guru. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus terdiri dari 4 tahapan diantaranya: (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model problem solving. Variabel terikat pada penelitian ini adalah berpikir kritis, aktivitas belajar dan keterampilan mengajar guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara untuk memperoleh data awal, tes untuk memperoleh data nilai siswa, observasi untuk memperoleh aktivitas belajar siswa dan keterampilan dasar mengajar guru dan dokumentasi untuk mendapatkan data mentah saat penelitian. Analisis data yang digunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Penelitian Tindakan Kelas menunjukkan bahwa dengan penerapan model problem solving berbantuan media Kantong soal dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema 7 kelas III di SDN 1 Tigajuru. Hal tersebut dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut: 1) keterampilan mengajar guru meningkat pada setiap siklusnya dengan memperoleh nilai siklus I sebesar 64% meningkat pada siklus II sebesar 75%; 2) peningkatan aktivitas belajar siswa dengan perolehan nilai pada awal prasiklus yaitu 48,02, kemudian meningkat pada siklus I sebesar 60,92 hingga pada akhir siklus II memperoleh nilai 76,90; 3) peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan perolehan nilai pada awal prasiklus yaitu 57,68 kemudian meningkat pada siklus I sebesar 61,32 hingga akhir siklus II memperoleh nilai 75,96.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Ristiyani, S.Pd. M.Pd. Pembimbing 2 Himmatul Ulya, S.Pd. M.P
Kata Kunci: Problem Solving, Berpikir Kritis, Aktivitas Belajar, Media Kantong Soal.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Nov 2020 02:28
Last Modified: 07 Nov 2020 02:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12902

Actions (login required)

View Item View Item