Penerapan model student teams achievement division (stad) berbantuan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv tema 1 indahnya kebersamaan sd 1 tanjung karang

AMILIYANI, NIA (2019) Penerapan model student teams achievement division (stad) berbantuan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv tema 1 indahnya kebersamaan sd 1 tanjung karang. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (626kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRACT.pdf - Accepted Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keterampilan mengajar guru, serta peningkatan hasil belajar siswa pada tema Indahnya kebersamaan siswa kelas IV dengan penerapan model Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media gambar. Hasil belajar merupakan hasil yang telah dicapai siswa yang meliputi aspek pengetahuan, dan keterampilan guna mengetahui sejauh mana materi yang sudah diajarkan diterima oleh siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai. Model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan strategi pembelajaran kooperatif yang didalamnya terdapat rangkaian kegiatan yang didalamnya terdapat beberapa anggota kelompok kecil yang memiliki kemampuan yang berbeda-beda mengajak siswa saling berdiskusi untuk memahami pelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD 1 Tanjung Karang Kudus mengambil sampel siswa kelas IV yang berjumlah 21 siswa.Variabel bebas adalah model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. penelitian ini dilakukan selama 4 kali pertemuan pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan siklus I mencapai ketuntasan klasikal sebanyak 66,67% pada muatan Bahasa Indonesia dan ketuntasan Belajar pada muatan Ips sebanyak 61,95% dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai nilai ketuntasan klasikal sebanyak 85,74% pada muatan Bahasa Indonesia. dan ketuntasan belajar klasikal pada muatan Ips sebanyak 90,5% Hasil belajar siswa aspek keterampilan pada siklus I mencapai ketuntasan klasikal 74,6% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata yaitu 81,70%. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan dengan memperoleh skor 89,5 dengan presentase 77,15% pada siklus I menjadi 92,20% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SD 1 Tanjung Karang Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model student teams achievement division berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 1 Indahnya Kebersamaan di SD 1 Tanjung Karang

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Erik Aditia Ismaya, S.Pd, M.A Pembimbing 2 Eko Widianto, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: hasil belajar, model pembelajaran (student teams achievement division) (stad), media gambar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Nov 2020 03:16
Last Modified: 07 Nov 2020 03:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12907

Actions (login required)

View Item View Item