Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melaluimodel Think pair share berbantuan media audio visualpada tema indahnya keragaman di negeriku kelas iv sdn 2 dongos

MAULIDA, SITI NUR LAILI (2019) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melaluimodel Think pair share berbantuan media audio visualpada tema indahnya keragaman di negeriku kelas iv sdn 2 dongos. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (604kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan model Think Pair Sharedapat meningkatkan keterampilan guru. (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan model Think Pair Share berbantuan Media Audio Visual. Berpikir kritis merupakan suatu proses berpikir tingkat tinggi untuk menyelesaikan sebuah permasalahan dalam membuat keputusan yang masuk akal yang dilakukan secara wajar dan reflektif. Think Pairs Share adalah model pembelajaran kooperatif dimana model pembelajaran ini memiliki tiga tahapan yaitu tahap pertama (Think) yaitu berpikir, tahap kedua (Pair) yaitu berpasangan dan tahap yang ketiga yaitu (Share) yaitu mengeshare. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah keterampilan guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media audio visual. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Dongos dengan subjek penelitian 21 siswa.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklu I dan siklus II.Pada setiap siklus terdiri atas empat tahapan diantaranya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Variabel terikat penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model Think Pair Share. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan berpikir kritis siswa aspek pengetahuan siklus I mencapai nilai rata-rata 69,3 dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 80,1. Berpikir kritis siswa aspek sikap pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 77,9 dan meningkat pada sikus II yaitu 86,8. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan dengan persentase 72% pada siklus I menjadi 79% pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model Think Pair Share dapat meningkatkan berpikir kritis siswa berbantuan media audio visual pada kelas IV SDN 2 Dongos. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 2 Dongos dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share berbantuan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema indahnya keragaman di negeriku kelas IV SDN 2 Dongos.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Imaniar Purbasari, M.Pd. Pembimbing 2 Nur Fajrie, M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Model TPS, Audio Visual.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Nov 2020 04:34
Last Modified: 07 Nov 2020 04:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12924

Actions (login required)

View Item View Item