Improving students’ vocabulary mastery by using Animation video

Fitri Yunilarisqi, Nurul (2019) Improving students’ vocabulary mastery by using Animation video. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
HAL DEPAN.pdf - Published Version

Download (958kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
CHAPTER II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
CHAPTER III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
CHAPTER IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (888kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
CHAPTER V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
CHAPTER VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
REFERENCE.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
APPENDICES.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Kosa kata adalah salah satu komponen bahasa yang harus dikuasai oleh siswa dalam belajar bahasa. Menurut Walkin (dalam Thombury 2002:13) mengatakan “tanpa tata bahasa sangat sedikit yang bisa disampaikan, tanpa tata bahasa tidak ada yang bisa disampaikan”. Itu berarti tidak mungkin untuk belajar bahasa jika tidak tahu kosa kata. Jika siswa kekurangan kosa kata, mereka akan mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa. Maka dari itu peneliti ingin meningkatkan penguasaan kosa kata siswa untuk membantu siswa belajar tentang bahasa asing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah video animasi dapat meningkatkan kosa kata siswa. Sebagai tambahan, video animasi adalah pergerakan urutan gambar berwarna dan teks dengan suara. Jadi, para siswa akan melihat secara langsung gerakan gambar berwarna dan teks dengan suara pada slide. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilakukan di SD IT AL AKHYAR kudus dengan subjek penelitian kelas lima pada tahun akademik 2018/2019 yang terdiri dari 28 siswa. Selain itu, peneliti menggunakan dua jenis instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan test. Berdasarkan penemuan penelitian, ada peningkatan penguasaan kosa kata siswa setelah guru menerapkan video animasi dalam proses belajar mengajar. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes siswa. Dalam pra- siklus, peneliti menghitung skor rata rata adalah 66.4 sedangkan kriteria skor minimum sekolah adalah 75. Ini berarti bahwa nilai siswa tidak cukup dan perlu ditingkatkan. Pada siklus 1, peneliti menghitung skor rata rata adalah 71.2. jadi untuk sementara skor meningkat sedangakan kriteria skor minum sekolah adalah 75. Ini berarti masih ada beberapa masalah yang harus dipecahkan. Jadi, guru dan peneliti memutuskan untuk melakukan siklus berikutnya. Kemudian pada siklus 2, peneliti menghitung skor rata-rata adalah 76,9. Ini berarti bahwa skor meningkat. Dapat disimpulkan bahwa Video Animasi dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas lima SD IT AL AKHYAR Kudus pada tahun akademik 2018/2019. Dan juga ada beberapa kemajuan penguasaan kosakata siswa setelah implementasi video animasi. Dapat dilihat bahwa siswa dapat menghafal kata-kata dengan mudah, mereka dapat mengucapkan kata-kata dengan benar dan nilai bahasa Inggris mereka meningkat. Dari penjelasan di atas, peneliti menyarankan bahwa guru bahasa Inggris harus menggunakan media yang menarik untuk menarik perhatian siswa. Selain itu, para siswa juga harus lebih serius dalam bergabung dengan kelas. Ketika guru menjelaskan materi, mereka harus memperhatikan guru, fokus pada pelajaran dan menjadi pembelajar aktif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Nuraeningsih, S.Pd., M.Pd. Rusiana, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: penguasaan kosa kata, video animasi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Dec 2020 02:50
Last Modified: 14 Dec 2020 02:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12952

Actions (login required)

View Item View Item