Peningkatan hasil belajar siswa melalui modelpembelajaranctl berbantuan media miniatur desaku pada tema 7kelas iv sdn 2 panjunan kudus

Kurnia Ningrum, Dita (2019) Peningkatan hasil belajar siswa melalui modelpembelajaranctl berbantuan media miniatur desaku pada tema 7kelas iv sdn 2 panjunan kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
BAB 6.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan hasil belajar IPA dan Bahasa Indonesia siswa mencakup aspek pengetahuan, aspek sikap, dan aspek keterampilan serta aktivitas belajar siswa melalui diterapkannya model pembelajaran Contextual Teaching And Learning berbantuan media Miniatur Desaku pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SDN 2 Panjunan Kudus tahun ajaran 2018/2019. Hasil belajar merupakan suatu perubahan sikap dalam kegiatan pembelajaran dengan tiga aspek yaitu aspek pengetahuan, aspek sikap, dan aspek keterampilan. Model pembelajaran Contextual Teaching And Learning merupakan model dengan teknik mengaitkan materi pembelajaran pada pengalaman siswa. Dalam kegiatan pembelajaran ini dibantu dengan media Miniatur desaku. Miniatur desaku merupakan media yang menjelaskan kepada siswa mengenai rincian dari sebuah objek yang menjadi topik pembahasan secara tiga dimensi. Penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus, masing-masing tiap siklus adalah 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 28 siswa kelas IV SDN 02 Panjunan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman, wawancara, lembar soal, pedoman observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan yaitu keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran siklus I 68% (Perlu bimbingan), siklus II 92%(SangatBaik), hasil belajar Bahasa Indonesia pada aspek pengetahuan prasiklus (43%) IPA (46%), Bahasa Indonesia siklus I (68%)dan IPA (64%), Bahasa Indonesia dan IPA siklus II (96%) serta hasil belajar aspek sikap prasiklus (64%), siklus I (67%), siklus II (83%), hasil belajar aspek keterampilan prasiklus (63%), siklus I (69%), siklus II (87%) dan aktivitas belajar prasiklus (59%), siklus I (69%), siklus II (90%). Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilakukan kelas IV SDN 02 Panjunan Kudus dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Contextual Teaching and Learningberbantuan media Miniatur Desaku dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SDN 2 Panjunan Kudus. Peneliti menyarankan dalam menggunakan model CTL, siswa hendaknya lebih aktif dan memusatkan perhatian saat kegiatan pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd. Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Contextual Teaching and Learning, Miniatur Desaku.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Dec 2020 07:00
Last Modified: 14 Dec 2020 07:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12958

Actions (login required)

View Item View Item