Mahameru, Dendy Putra (2020) Students’ perception toward microteaching In relation with internship program. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Halaman Depan)
01. HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (492kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
02. CHAPTER I.pdf - Published Version Download (210kB) | Preview |
Text (Bab 2)
03. CHAPTER II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (220kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
04. CHAPTER III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
05. CHAPTER IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (285kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
06. CHAPTER V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 6)
07. CHAPTER VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (132kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
09. REFERENCES.pdf - Published Version Download (192kB) | Preview |
Text (Lampiran)
08. APPENDICES.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (778kB) | Request a copy |
Abstrak
Untuk membantu mahasiswa menjadi calon guru profesional, Departemen Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus (UMK) memberikan mata kuliah Microteaching. Program ini adalah mata kuliah wajib yang harus diambil sebelum mahasiswa mengikuti program magang. Microteaching, mata kuliah dua sks yang menugaskan para mahasiswa atau calon guru untuk melakukan simulasi pengajaran di depan teman-teman mereka di kelas. Dalam kursus ini, mereka diajarkan bagaimana membuat rencana pelajaran yang baik, untuk membangun kegiatan yang cocok seperti di ruang kelas yang nyata, dan untuk mengembangkan keterampilan mereka. Ini bertujuan untuk membuat mereka memahami dalam kegiatan belajar-mengajar sebagai calon guru. Namun, banyak mahasiswa dari Program Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus merasa kurang tertarik untuk berpartisipasi dalam kelas Microteaching. Dalam studi ini, peneliti mencoba untuk menyelidiki persepsi mahasiswa terhadap Microteaching dalam kaitannya dengan program pengajaran magang. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data dari penelitian ini adalah persepsi mahasiswa terhadap manfaat kelas Microteaching pada program Magang. Sumber data adalah siswa semester tujuh yang mendaftar program magang. Dengan semua siswa yang mengikuti program magang, peneliti mengambil 20 siswa untuk diwawancarai.Peneliti memberikan kuesioner kepada mahasiswa. Setelah mengumpulkan data, peneliti menghitung dan memberikan interpretasi. Hasilnya menunjukkan bahwa Microteaching membantu mereka bagaimana menghadapi siswa sesungguhnya dalam kelas. Ini membantu mahasiswa mempersiapkan diri mereka dan juga apa yang dibutuhkan untuk menangani kelas selama praktik mengajar, seperti bagaimana mengatur indikator pembelajaran, tujuan pembelajaran, dan menyusun rencana pelajaran. Peneliti juga memberikan beberapa saran kepada guru dan peneliti selanjutnya. Untuk itu guru harus sabar dalam mengajar. Guru juga perlu memahami lebih banyak tentang kondisi di kelas dan karakter siswa. Untuk peneliti selanjutnya, peneliti mengakui bahwa penelitian ini lemah dalam teori. Peneliti berharap para peneliti selanjutnya dapat mengembangkan atau menginovasi penelitian ini pada topik yang sama.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Suprihadi, S. Pd. Agung Dwi N., S.S., M. Pd. |
Kata Kunci: | Persepsi Siswa, Program Magang, Microteaching, mahasiswa semester tujuh Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Belajar Bahasa Inggris. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 06 Jan 2021 03:54 |
Last Modified: | 06 Jan 2021 03:54 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13074 |
Actions (login required)
View Item |