Dahliya, Sarifatut (2020) Peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran examples non examples berbantuan Media visual gambar tema peduli terhadap Makhluk hidupkelas iv sd 04 hadipolo. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (935kB) | Preview |
Preview |
Text (Abstrak)
ABSTRAK SKRIPSI.pdf - Accepted Version Download (33kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (153kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (224kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III .pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (464kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (116kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKAA.pdf - Accepted Version Download (41kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Examples non Examples berbantuan media visual gambar dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada tema Peduli Terhdap Makhluk Hidup kelas IV SD 04 Hadipolo. Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah melakuka proses belajar yang berupa perubahan tingkah laku atau bertumbuhnya pengetahuan.Example non Example sendiri yaitu metode pembelajaran yang menggunakan gambar-gambar relevan atau kasus agar siswa dapat menganalisis isi gambar atau kasus tersebut. Terdapat 7 langkah dalam penerapan model pembelajaran Example non Example untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu menempelkan gambar di papan tulis, membentuk siswa menjadi beberapa kelompok, siswa mengamati gambar dan menganalisis, hasil analisis ditulis di kertas, kelompok menyampaikan hasil analisis, siswa mendengarkan hasil analisis yang disampaikan oleh teman mereka dan memberikan komentar, guru menyampaikan materi sesuai dengan tujuan yang akan dicapai, dan penutup. Peneltian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 04 Hadipolo dengan subjek penelitian adalah 23 siswa, penelitian berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Examples non Examples media visual gambar. Variabel terikatnya adalah hasil belajar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Hasil belajar ranah pengetahuan siklus I muatan Bahasa Indonesia sebesar 61% dan meningkat pada siklus II sebesar 87%, dan pada muatan IPS siklus I sebesar70% dan meningkat pada siklus II sebesar 91%. Sedangkan hasil belajar ranah keterampilan pada muatan IPS siklus I sebesar 69% dan meningkat pada siklus II sebesar 97%, dan muatan Bahasa Indonesia siklus I sebesar 56% dan meningkat pada siklus II sebesar 91%. Keterampilan guu siklus I sebesar 82% meningkat pada siklus II sebesar 90%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 04 Hadipolo dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Examples non Examples berbantuan media visual gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan mengajar guru pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup kelas IV SD 04 Hadipolo.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | pembimbing 1 Imaniar Purbasari, S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 |
Kata Kunci: | Hasil belajar, Examples non Examples, media gambar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 07 Jan 2021 07:29 |
Last Modified: | 07 Jan 2021 07:29 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13103 |
Actions (login required)
View Item |