Penerapan model take and give berbantuan media kartu soal untuk peningkatan hasil belajar siswa pada Tema 2 selalu berhemat energi kelas iv Sd 4 dersalam

APRILINO, RIO FERNANDA (2020) Penerapan model take and give berbantuan media kartu soal untuk peningkatan hasil belajar siswa pada Tema 2 selalu berhemat energi kelas iv Sd 4 dersalam. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HAL. JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (583kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan mengajar guru, meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Take And Give berbantuan media Kartu Soal. Penelitian ini dilakukan dikelas IV SD 4 Dersalam dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model Take And Give adalah salah satu model pembelajaran kooperatif dan disini siswa diajarkan untuk saling bekerjasama. Media Kartu soal merupakan media kertas yang berisi soal. Hipotesis pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada kelas IV SD 4 Dersalam Bae Kudus yang menggunakan model Take And Give berbantuan media Kartu soal telah mencapai KKM. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 4 Dersalam dengan subjek 15 siswa Tahapan ini ada 4 tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini berlangsung II siklus. Pada penelitian ini teknik pengumpumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Tes diuji validitas nya menggunakan validitas expert judgment. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan (1) keterampilan mengajar guru pada siklus 1 memperoleh nilai 120 dengan persentase sebesar 76%. Siklus II dengan memperoleh nilai 140 dengan persentase sebesar 88%. Siklus I dan II memenuhi indikator keberhasilan >75% (2) Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai 1158 dengan persentase 74% dan siklus II memperoleh nilai 1268 dengan persentase 76%. Hanya siklus II memenuhi indikator keberhasilan >75%(3) Hasil belajar meliputi aspek pengetahuan, aspek sikap, dan aspek keterampilan. Pada aspek pengetahuan pada siklus I memperoleh nilai 1058 dengan persentase ketuntasan 71% untuk Bahasa Indonesia dan nilai 1122 dengan persentase 75% untuk PPKn. Siklus II diperoleh nilai 1344 dengan persentase 90% untuk Bahasa Indonesia dan nilai 1228 dengan persentase 82% untuk PPKn. Pada siklus I hanya PPKn yang memenuhi indikator keberhasilan dan siklus II keduanya memenuhi indikator keberhasilan. Hasil belajar aspek sikap pada siklus I memperoleh nilai 407dengan persentase 68% artinya belum memenuhi indikator keberhasilan karena <75% dan siklus II memperoleh nilai 482 dengan persentase 88% sehingga memenuhi indikator keberhasilan. Selanjutnya aspek keterampilan siklus I memperoleh nilai 384 dengan persentase 64% dan siklus II memperoleh nilai 353 dengan persentase 75%, artinya hanya siklus II yang memenuhi indikator keberhasilan. Hal ini membuktikan penerapan model Take And Give berbantuan media kartu soal pada tema Berhemat Energi dapat meningkat kan hasil belajar siswa kelas IV SD 4 Dersalam.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Drs. Sucipto, M.Pd, Kons Pembimbing 2
Kata Kunci: Hasil belajar, Take And Give, Media Kartu Soal.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Jan 2021 01:56
Last Modified: 08 Jan 2021 01:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13105

Actions (login required)

View Item View Item