Peningkatan hasil belajar siswa melalui model contextual teaching and learning tema 4 berbagai pekerjaan pada siswa kelas iv sd 2 hadipolo

SOFIA, EVA MAELA (2019) Peningkatan hasil belajar siswa melalui model contextual teaching and learning tema 4 berbagai pekerjaan pada siswa kelas iv sd 2 hadipolo. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (773kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (38kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendiskripsikan penerapan model kooperatif tipe Contextual Teaching and Learning Pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan Muatan IPS dan Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Kelas IV SD 2 Hadipolo. (2) Menjelaskan penerapan model kooperatif tipe Contextual Teaching and Learning Pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan Muatan IPS dan Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD 2 Hadipolo. Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah terlaksananya proses pembelajaran sebagai pengaruh aktivitas belajar yang saling berhubungan. Pembelajaran Model Contextual Teaching and Learning merupakan suatu model pembelajaran yang bertujuan untuk memotivasi siswa dalam memahami makna pelajaran dengan mengaikannya pada kehiduapan sehari-hari, sehingga peserta didik memiliki pengetahuan yang secara tidak langsung dapat diterapkan dalam pembelajaran. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah keterampilan guru dan hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Hadipolo dapat meningkat menggunakan model Contextual Teaching and Learning. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari Kemmis Mc. Taggartyang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD 2 Hadipolo Kec. Jekulo Kab. Kudus yang terdiri dari 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Tes diuji validitasnya menggunakan expert judgment. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti mengalami peningkatan pada hasil belajar siswa dan keterampilan guru pada tema Berbagai Pekerjaan. Peningkatan hasil belajar aspek pengetahuan muatan Bahasa Indonesia pada siklus I memperoleh 69% dan siklus II mengalami peningkatan dengan memperoleh ketuntasan sebedar 83%. Pada muatan IPS siklus I memperoleh 77% dan siklus II memperoleh 86%. Pada keterampilan guru mengalami peningkatan dan pada siklus I memperoleh 77% dengan kualifikasi baik kemudian pada siklus II memperoleh 88% dengan kualifikasi sangat baik. Pada aspek keterampilan siswa pada siklus I memperoleh 60% dengan kualifikasi cukup, pada siklus II memperoleh 78% dengan kualifikasi baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilakukan pada siswa kelas IV SD 2 Hadipolo, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Contextual Teaching and Learning berbantuan media Maket dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Irfai Fathurrohman, S.Pd, M.Pd. Pembimbing 2 Imaniar Purbasari, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Hasil Belajar, Contextual Teaching and Learning
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Jan 2021 04:21
Last Modified: 26 Jan 2021 04:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13136

Actions (login required)

View Item View Item