Efektivitas model inside outside circle berbantuan media jejalok untuk meningkatkan pemahaman Konsep siswa kelas iv tema 4

IZZAH, NAILATUL (2020) Efektivitas model inside outside circle berbantuan media jejalok untuk meningkatkan pemahaman Konsep siswa kelas iv tema 4. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL. JUDUL]
Preview
Text (HAL. JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (628kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengukur perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inside outside circle berbantuan media JEJALOK dan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran langsung, (2) mengukur kemampuan pemahaman konsep siswa yang menerima model pembelajaran inside outside circle berbantuan media JEJALOK, dan (3) mengukur aktivitas belajar siswa yang menerima model pembelajaran inside outside circle berbantuan media JEJALOK. Pemahaman konsep adalah suatu kemampuan berpikir untuk memperoleh pengetahuan dengan cara yang berbeda-beda dalam hal-hal yang merangsang terjadinya kegiatan belajar, sedangkan inside outside circle merupakan suatu model pembelajaran yang mana kelas dibagi menjadi kelompok kecil dan kelompok besar yang saling membagi informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda. Salah satu media pembelajaran yaitu media JEJALOK. Media JEJALOK adalah media pembelajaran yang dibuat dengan mengkolaborasikan kartu bergambar dan kajian kearifan lokal. Hipotesis penelitian ini yaitu (1) rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar menggunakan model inside outside circle berbantuan media JEJALOK lebih baik dari siswa yang diajar menggunakan pembelajaran langsung, (2) kemampuan pemahaman konsep siswa yang menerima model inside outside circle berbantuan JEJALOK telah mencapai nilai 70, dan (3) aktivitas siswa yang menerima model inside outside circle berbantuan JEJALOK telah mencapai nilai 70. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain the nonequivalent posttest-only control group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu SDN Ngelokulon dengan kelas IVA yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB yang berjumlah 21 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data tahap awal meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan analisis data tahap akhir meliputi uji normalitas, uji homogenitas, analisis deskripsi pemahaman konsep, analisis deskripsi aktivitas belajar siswa dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan 1) rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang memperoleh model inside outside circle berbantuan media JEJALOK lebih tinggi daripada siswa yang menerima pembelajaran langsung dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yaitu 73,05, sedangkan rata-rata nilai posttest kelas kontrol yaitu 70,07, 2) kemampuan pemahaman konsep siswa yang menerima model inside outside circle berbantuan media JEJALOK dapat memenuhi KKM dengan P-value = 0,292, dan 3) aktivitas belajar siswa yang menerima model inside outside circle berbantuan media JEJALOK dapat memenuhi KKM yaitu P-value > 0,05 pada pertemuan 2, 3, 4, dan 5, sehingga model inside outside circle berbantuan media JEJALOK efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Siti Masfuah, M.Pd. Pembimbing 2. Deka Setiawan, M.Pd.
Kata Kunci: Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Inside Outside Circle dan Media JEJALOK
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Feb 2021 03:25
Last Modified: 23 Feb 2021 03:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13304

Actions (login required)

View Item View Item