Peningkatan hasil belajar siswa kelas iv dengan menggunakan model pembelajaran savi berbantuan media konkret tema 1 sdn wonosekar pati

Fitri Fatiya, Ardiyanti (2020) Peningkatan hasil belajar siswa kelas iv dengan menggunakan model pembelajaran savi berbantuan media konkret tema 1 sdn wonosekar pati. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL. JUDUL]
Preview
Text (HAL. JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa aspek pengetahuan, peningkatan aktivitas belajar siswa, dan peningkatan keterampilan mengajar guru dengan diterapkanya model pembelajaran SAVI berbantuan media konkret pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia dan IPA Kelas IV SDN Wonosekar. Hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa aspek pengetahuan, dan keterampilan guru dapat meningkatkan dengan diterapkanya model pembelajaran SAVI benbantuan media konkret pada kelas IV SDN Wonosekar. Berkaitan dengan model pembelajaran SAVI yakni pembelajaran yang menggunakan seluruh panca indera untuk menunjang keaktifan peserta didik. Penggunaan media konkret ini untuk menyalurkan pesan dari guru ke siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SDN Wonosekar dengan subjek penelitian yaitu 19 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Variabel terikat yang digunakan yakni hasil belajar siswa, serta variabel bebasnya adalah model SAVI berbantuan media konkret. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan teknik tes, dokumentasi, dan observasi. Analisis data penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa aspek pengetahuan dalam pembelajaran dengan menggunakan SAVI berbantuan media konkret memperoleh ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 79% dan siklus II sebesar 84% sedangkan aktivitas belajar siswa pada siklus I sebasar 74% dan siklus II sebesar 82% dan keterampilan mengajar guru dengan siklus I mencapai persentase 78% dan siklus II mencapai 88%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada setiap aspek yang diteliti. Artinya terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa aspek pengetahuan, aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran, dan keterampilan mengajar guru dengan diterapkannya model pembelajaran SAVI berbantuan media konkret.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2. Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model SAVI, Media Konkret
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Feb 2021 03:58
Last Modified: 23 Feb 2021 03:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13307

Actions (login required)

View Item View Item