Fitri Fatiya, Ardiyanti (2020) Peningkatan hasil belajar siswa kelas iv dengan menggunakan model pembelajaran savi berbantuan media konkret tema 1 sdn wonosekar pati. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (HAL. JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa aspek pengetahuan, peningkatan aktivitas belajar siswa, dan peningkatan keterampilan mengajar guru dengan diterapkanya model pembelajaran SAVI berbantuan media konkret pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia dan IPA Kelas IV SDN Wonosekar. Hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa aspek pengetahuan, dan keterampilan guru dapat meningkatkan dengan diterapkanya model pembelajaran SAVI benbantuan media konkret pada kelas IV SDN Wonosekar. Berkaitan dengan model pembelajaran SAVI yakni pembelajaran yang menggunakan seluruh panca indera untuk menunjang keaktifan peserta didik. Penggunaan media konkret ini untuk menyalurkan pesan dari guru ke siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SDN Wonosekar dengan subjek penelitian yaitu 19 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Variabel terikat yang digunakan yakni hasil belajar siswa, serta variabel bebasnya adalah model SAVI berbantuan media konkret. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan teknik tes, dokumentasi, dan observasi. Analisis data penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa aspek pengetahuan dalam pembelajaran dengan menggunakan SAVI berbantuan media konkret memperoleh ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 79% dan siklus II sebesar 84% sedangkan aktivitas belajar siswa pada siklus I sebasar 74% dan siklus II sebesar 82% dan keterampilan mengajar guru dengan siklus I mencapai persentase 78% dan siklus II mencapai 88%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada setiap aspek yang diteliti. Artinya terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa aspek pengetahuan, aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran, dan keterampilan mengajar guru dengan diterapkannya model pembelajaran SAVI berbantuan media konkret.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1. Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2. Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model SAVI, Media Konkret |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Feb 2021 03:58 |
Last Modified: | 23 Feb 2021 03:58 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13307 |
Actions (login required)
View Item |