Penerapan model team games tournament berbasis kearifan lokal berbantuan media pemprof untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 4 kelas iv Sd 5 lau

ADI PUTRA, PRISMA (2020) Penerapan model team games tournament berbasis kearifan lokal berbantuan media pemprof untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 4 kelas iv Sd 5 lau. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL. JUDUL]
Preview
Text (HAL. JUDUL)
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (800kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa yang meliputi aspek kognitif (pengetahuan) dan aspek psikomotorik (keterampilan) siswa kelas IV SD 5 Lau dengan menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan media Pemprof. Model pembelajaran Team Games Tournament adalah model pembelajaran kooperatif yang pelaksanaannya melibatkan aktivitas siswa dengan menggunakan unsur permainan dan turnamen akademik di dalamnya untuk mencapai pembelajaran tertentu. Hasil belajar adalah hasil yang didapatkan peserta didik setelah melakukan aktivitas belajar yang mencakup 3 ranah yaitu kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotorik (keterampilan). Untuk meningkatkan hasil belajar pada penelitian ini digunakan model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan media Pemprof (Permainan Edukasi Macam-macam Profesi). Media Pemprof adalah media permainan edukasi jelajah yang mengajak siswa untuk bermain dan belajar dengan menjawab soal-soal yang terdapat pada kartu soal. Kesulitan pada kartu soal ini terdiri dari 6 level yaitu level C1, C2, C3, C4, C5, dan C6 yang didasarkan pada taksonomi Bloom. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 5 Lau yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan media Pemprof dan untuk variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa kelas IV SD 5 Lau tema 4 Berbagai Pekerjaan muatan IPS dan Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar dan keterampilan mengajar guru. Hasil belajar ranah pengetahuan muatan IPS pada siklus I memperoleh rata-rata 76,25 dengan ketuntasan klasikal 75% dan muatan Bahasa Indonesia dengan rata-rata 73,12 dengan ketuntasan klasikal 56,25%. Pada siklus II meningkat untuk muatan IPS memperoleh rata-rata 77,5 dengan ketuntasan klasikal 81,25% dan muatan Bahasa Indonesia dengan rata-rata 84,06 dengan ketuntasan klasikal 81,25%. Hasil belajar ranah keterampilan siklus I memperoleh persentase 70,57% meningkat pada siklus II menjadi 80,08%. Keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh persentase 76% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,50%. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan menerapkan model Team Games Tournament berbantuan media Pemprof dapat meningkatkan hasil belajar kelas IV SD 5 Lau pada tema 4 Berbagai Pekerjaan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A. Pembimbing 2. Muhammad Noor Ahsin, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kata Kunci: Hasil Belajar, Team Games Tournament, Berbagai Pekerjaan, Kearifan Lokal, Media Permainan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Feb 2021 05:40
Last Modified: 23 Feb 2021 05:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13312

Actions (login required)

View Item View Item