Pengembangan model pembelajaran kolaboratif berbasis media permen ciling untuk penguatan pendidikan karakter siswa sekolah dasar kabupaten demak. Tesis

Choirijah, Nanik (2020) Pengembangan model pembelajaran kolaboratif berbasis media permen ciling untuk penguatan pendidikan karakter siswa sekolah dasar kabupaten demak. Tesis. Master thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (821kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (992kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran kolaboratif serta media,desain dan keefektifan model pembelajaran kolaboratif berbasis media Permen Ciling untuk penguatan pendidikan karakter siswa Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan research and development Brog and Gill dengan langkah yaitu: 1) Studi Pendahuluan; 2) Studi Pengembangan dan Validasi Model; 3) Uji Lapangan; 4) Diseminasi dan Sosialisasi. Pelaksanaan uji coba dilakukan pada 87 siswa Kelas VI di SDN Purwosari 1, dan SDN Bedono 2 sebagai kelas eksperimen dan 103 siswa kelas VI di SDN Karangasem 1 dan SDN Kalisari 3 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan observasi, angket, tes, wawancara. Data hasil validasi dianalisis dengan mengakumulasikan jumlah skor dengan bantuan aplikasi SPSS 23.0. Data keefektifan model pembelajran kolaboratif berbasis media Permen Ciling dianalisis dengan uji t pada taraf signifikansi 0,05 . Desain model pembelajaran yang dikembangkan berupa model pembeljaran kolaboratif berbasis media Permen Ciling terbukti valid karena jumlah skor yang diperoleh dari 4 orang validator masing-masing 56, 28,56 dan 51 kriteria skor valid. Penggunaan pembelajaran efektif membangun sikap kepedulian siswa terhadap lingkungan yang terbukti dari peningkatan hasil belajar, dari rerata 41,6 menjadi 77,2. Dengan demikian terjadi peningkatan rerata hasil belajar sebesar 35,6. Hasil uji t diperoleh dengan taraf signifikansi 0,664 > α = 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, peningkatan hasil belajar siswa lebih tinggi pada kelompok eksperimen. Persentase respon positif yang diberikan guru dan siswa masing-masing adalah 93,6% dan 98,7% dari kriteria minimal 75,01%.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., Dr. Santoso, M.Pd.
Kata Kunci: Kolaboratif, karakter, sikap peduli lingkungan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Apr 2021 20:16
Last Modified: 14 Apr 2021 20:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13578

Actions (login required)

View Item View Item