Choirijah, Nanik (2020) Pengembangan model pembelajaran kolaboratif berbasis media permen ciling untuk penguatan pendidikan karakter siswa sekolah dasar kabupaten demak. Tesis. Master thesis, UMK.
Preview |
Text (Halaman Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (821kB) | Preview |
![]() |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (992kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (337kB) | Preview |
![]() |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran kolaboratif serta media,desain dan keefektifan model pembelajaran kolaboratif berbasis media Permen Ciling untuk penguatan pendidikan karakter siswa Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan research and development Brog and Gill dengan langkah yaitu: 1) Studi Pendahuluan; 2) Studi Pengembangan dan Validasi Model; 3) Uji Lapangan; 4) Diseminasi dan Sosialisasi. Pelaksanaan uji coba dilakukan pada 87 siswa Kelas VI di SDN Purwosari 1, dan SDN Bedono 2 sebagai kelas eksperimen dan 103 siswa kelas VI di SDN Karangasem 1 dan SDN Kalisari 3 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan observasi, angket, tes, wawancara. Data hasil validasi dianalisis dengan mengakumulasikan jumlah skor dengan bantuan aplikasi SPSS 23.0. Data keefektifan model pembelajran kolaboratif berbasis media Permen Ciling dianalisis dengan uji t pada taraf signifikansi 0,05 . Desain model pembelajaran yang dikembangkan berupa model pembeljaran kolaboratif berbasis media Permen Ciling terbukti valid karena jumlah skor yang diperoleh dari 4 orang validator masing-masing 56, 28,56 dan 51 kriteria skor valid. Penggunaan pembelajaran efektif membangun sikap kepedulian siswa terhadap lingkungan yang terbukti dari peningkatan hasil belajar, dari rerata 41,6 menjadi 77,2. Dengan demikian terjadi peningkatan rerata hasil belajar sebesar 35,6. Hasil uji t diperoleh dengan taraf signifikansi 0,664 > α = 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, peningkatan hasil belajar siswa lebih tinggi pada kelompok eksperimen. Persentase respon positif yang diberikan guru dan siswa masing-masing adalah 93,6% dan 98,7% dari kriteria minimal 75,01%.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., Dr. Santoso, M.Pd. |
Kata Kunci: | Kolaboratif, karakter, sikap peduli lingkungan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 14 Apr 2021 20:16 |
Last Modified: | 14 Apr 2021 20:16 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13578 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |