Rosidah, Ainun (2020) Penyelesaian Kasus dan Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal. Depan)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (666kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (201kB) | Preview |
![]() |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (346kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (454kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (230kB) | Preview |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (22MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan peningkatan keterampilan mengajar guru dan menjelaskan hasil belajar siswa pada tema 4 siswa kelas V SDN Jatiroto 01 dengan penerapan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media PETA DARA. Course Review Horay merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran Course Review Horay menggunakan kotak yang diisi dengan soal, kemudian diberi nomor untuk menuliskan jawabannya. Media pembelajaran PETA DARA merupakan media pembelajaran yang menggunakan papan sebagai media untuk bermain dan belajar. Hasil belajar adalah ukuran atau tingkatan keberhasilan seseorang dalam mempelajari sesuatu. Hasil belajar ini meliputi 3 aspek, yaitu pada aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SDN Jatiroto 01 dengan subjek penelitian 16 siswa dan keterampilan guru yang berlangsung dalam dua siklus. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Course Review Horay dan media PETA DARA, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa pada tema 4 Sehat Itu Penting dan keterampilan mengajar guru. Metode pengumpulan data berupa tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan. Keterampilan mengajar guru pada siklus I yaitu sebesar 78,5% dengan kriteria tinggi kemudian meningkat pada siklus II menjadi 81% dengan kriteria sangat tinggi. Hasil belajar ranah pengetahuan pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia mengalami peningkatan, pada siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 69% dengan kriteria tinggi meningkat pada siklus II menjadi 81% dengan kriteria sangat tinggi. Hasil belajar ranah pengetahuan muatan pelajaran PPKn memperoleh ketuntasan klasikal 75% dengan kriteria tinggi dan meningkat pada siklus II menjadi 81% dengan kriteria sangat tinggi. Hasil belajar siswa ranah sikap pada siklus I persentase sebesar 78,5% dengan kriteria tinggi meningkat pada siklus II menjadi 81% dengan kriteria sangat tinggi. Hasil belajar siswa ranah keterampilan pada siklus I memperoleh persentase sebesar 78,5% dengan kriteria tinggi meningkat pada siklus II menjadi 80% dengan kriteria sangat tinggi. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Course Review Horay berbantuan media PETA DARA dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa tema 4 kelas V SDN Jatiroto 01. Semoga setelah penelitian ini terlaksana hendaknya sekolah, guru, dan siswa agar dapat menciptakan pembelajaran yang lebih baik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1: Dr. Murtono, M. Pd., Dosen Pembimbing 2: Deka Setiawan, S.Pd., M. Pd. |
Kata Kunci: | Course Review Horay, Komik, Keterampilan Mengajar, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 14 Apr 2021 20:56 |
Last Modified: | 14 Apr 2021 20:56 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13589 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |