Widiati, Dhina (2020) Pengembangan media pembelajaran Kotak pasir laut abc untuk terapi membaca anak disleksia. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Halaman Depan)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (648kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (336kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (417kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (627kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (252kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media terapi membaca bagi peserta didik yang mengalami gangguan belajar disleksia, menguji desaign pengembangan media kotak pasir laut ABC untuk terapi membaca anak disleksia, dan mendeskripsikan keefektifan media kotak pasir laut ABC untuk terapi membaca anak disleksia. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D. Peneliti menggunakan tujuh langkah pelaksanaan penelitian. Langkah penelitian adalah sebagai berikut: pengumpulan informasi, perencanaan penelitian, mengembangkan produk awal, pengujian lapangan, revisi, uji produk, revisi hasil uji produk lapangan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Meliputi praktik terapi membaca, observasi pembelajaran, dan validasi produk media kotak pasir laut ABC. Analisis produk media kotak pasir laut ABC untuk terapi membaca anak disleksia meliputi 6 tahap. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan siswa disleksia SDN 2 Dorokandang dan SDN 3 Soditan. Hasil prototipe media kotak pasir laut melalui pembuatan kotak kayu dan memanfaatkan lingkungan sekitar siswa, memanfaatkan pasir laut sebagai sarana untuk menulis dengan jari berdasarkan teori terapi VAKT, buku panduan menggunakan media dengan bahan pembuatan berkualitas dan menarik perhatian siswa. Isi buku tentang cara menggunakan media dan skenario tahapan terapi menggunakan media kotak pasir laut ABC. Setelah divalidasi oleh validator memperoleh nilai 89,2 dengan kategori valid. Kemudian media kotak pasir laut ABC diterapkan pada kelas eksperimen dan hasil penghitungan N-gain adalah 0,58 dengan kategori sedang. Uji efektifitas pada penelitian ini dilakukan dengan membandingkan hasil unjuk kerja kemampuan siswa membaca di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Diperoleh bahwa thitung adalah 3,06.Dari hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa kotak pasir laut ABC dapat digunakan dalam terapi membaca anak disleksia. Semoga dapat menginspirasi guru untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran lainnya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Murtono, M. Pd. Dr. Su'ad, M. Pd. |
Kata Kunci: | media kotak pasir laut abc, terapi membaca, anak disleksia |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 Apr 2021 20:28 |
Last Modified: | 26 Apr 2021 20:28 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13794 |
Actions (login required)
View Item |