Pengembangan media pembelajaran Kotak pasir laut abc untuk terapi membaca anak disleksia

Widiati, Dhina (2020) Pengembangan media pembelajaran Kotak pasir laut abc untuk terapi membaca anak disleksia. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (648kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media terapi membaca bagi peserta didik yang mengalami gangguan belajar disleksia, menguji desaign pengembangan media kotak pasir laut ABC untuk terapi membaca anak disleksia, dan mendeskripsikan keefektifan media kotak pasir laut ABC untuk terapi membaca anak disleksia. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D. Peneliti menggunakan tujuh langkah pelaksanaan penelitian. Langkah penelitian adalah sebagai berikut: pengumpulan informasi, perencanaan penelitian, mengembangkan produk awal, pengujian lapangan, revisi, uji produk, revisi hasil uji produk lapangan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Meliputi praktik terapi membaca, observasi pembelajaran, dan validasi produk media kotak pasir laut ABC. Analisis produk media kotak pasir laut ABC untuk terapi membaca anak disleksia meliputi 6 tahap. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan siswa disleksia SDN 2 Dorokandang dan SDN 3 Soditan. Hasil prototipe media kotak pasir laut melalui pembuatan kotak kayu dan memanfaatkan lingkungan sekitar siswa, memanfaatkan pasir laut sebagai sarana untuk menulis dengan jari berdasarkan teori terapi VAKT, buku panduan menggunakan media dengan bahan pembuatan berkualitas dan menarik perhatian siswa. Isi buku tentang cara menggunakan media dan skenario tahapan terapi menggunakan media kotak pasir laut ABC. Setelah divalidasi oleh validator memperoleh nilai 89,2 dengan kategori valid. Kemudian media kotak pasir laut ABC diterapkan pada kelas eksperimen dan hasil penghitungan N-gain adalah 0,58 dengan kategori sedang. Uji efektifitas pada penelitian ini dilakukan dengan membandingkan hasil unjuk kerja kemampuan siswa membaca di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Diperoleh bahwa thitung adalah 3,06.Dari hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa kotak pasir laut ABC dapat digunakan dalam terapi membaca anak disleksia. Semoga dapat menginspirasi guru untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran lainnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dr. Murtono, M. Pd. Dr. Su'ad, M. Pd.
Kata Kunci: media kotak pasir laut abc, terapi membaca, anak disleksia
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Apr 2021 20:28
Last Modified: 26 Apr 2021 20:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13794

Actions (login required)

View Item View Item