Arum, Nila Mustika (2020) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa melalui model stad berbantuan permainan Lempar gelang pada tema 7 kelas v Sdn pati wetan 03. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal. Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (556kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (198kB) | Preview |
![]() |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (353kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (708kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (102kB) | Request a copy |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (105kB) | Preview |
![]() |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa, aktivitas siswa, keterampilan mengajar guru melalui model Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan permainan lempar gelang pada Tema 7. Pemahaman konsep adalah kemampuan untuk memahami konsep dengan pemahamannya, memberikan contoh dan menjelaskan secara lebih luas. STAD merupakan salah satu strategi pembelajaran yang digunakan dengan cara membentuk suatu kelompok untuk meningkatkan rasa saling bekerja sama dalam menyesuaikan suatu tujuan pembelajaran. Permainan lempar gelang merupakan permainan memasukkan gelang ke pasaknya dengan jarak tertentu. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa melalui model Student Teams Achiviement Division (STAD) berbantuan permainan lempar gelang pada tema 7 kelas V SDN Pati Wetan 03. Penelitian tindakan ini sudah dilakukan di kelas V SDN Pati Wetan 03 dengan subjek penelitian 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa terjadi peningkatan pada siklus I sebesar 73,4 dan meningkat pada siklus II menjadi 80,6. Aktivitas siswa aspek sikap pada siklus I sebesar 67,2 dan meningkat pada siklus II menjadi 75,8. Aktivitas siswa aspek keterampilan pada siklus I sebesar 71,6 dan meningkat pada siklus II menjadi 80,95. Keterampilan guru pada siklus I sebesar 71,1 dan meningkat pada siklus II menjadi 86,3. Hal ini membuktikan bahwa model STAD berbantuan permainan lempar gelang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V SDN Pati Wetan 03. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas IV SD 4 Dersalam bahwa dengan menggunakan model STAD berbantu permainan lempar gelang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada tema 7 kelas V SDN Pati Wetan 03.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing (1) Siti Masfuah, S.Pd, M.Pd Dosen Pembimbing (2) Khamdun, S.Pd, M.Pd. |
Kata Kunci: | Model STAD, Kemampuan Pemahaman Konsep, Media Permainan Lempar Gelang |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 05 May 2021 21:56 |
Last Modified: | 05 May 2021 21:56 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13970 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |