Peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui model problem solving berbantuan media komik tematik Pada tema 6 kelas iv sd 1 jepang

Devi, Indriani (2020) Peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui model problem solving berbantuan media komik tematik Pada tema 6 kelas iv sd 1 jepang. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bsb 5]
Preview
Text (Bsb 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru dengan menggunakan model problem solving berbantuan media komik tematik pada kelas IV SD 1 Jepang. Model pembelajaran problem solving merupakan model pembelajaran yang melatih siswa dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran. Berpikir kritis merupakan kegiatan berpikir dengan tujuan membuat sebuah keputusan dengan masuk akal. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model problem solving dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis pada tema Cita-citaku kelas IV SD 1 Jepang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD 1 Jepang dengan subjek penelitian peneliti sebagai guru dan 34 siswa. Prosedurnya meliputi dua siklus dan disetiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model problem solving berbantuan media komik tematik, sedangkan variabel terikatnya yakni kemampuan berpikir kritis. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Tehnik analisis data meliputi tehnik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar guru pada tema cita citaku. Hasil tes evaluasi kemampuan berpikir kritis pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 72 dengan kategori cukup, pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 80 dengan kategori baik. keterampilan guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 79 dengan kategori cukup, pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 87 dengan kategori baik. Aktivitas belajar siswa siklus I memperoleh nilai 75 dengan kategori cukup sedangkan siklus II memperoleh nilai rata-rata 84 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilakukan dikelas IV SD 1 Jepang, dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem solving berbantuan media komik tematik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa tema 6 ke;as IV SD 1 Jepang.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: (I) Fina Fakhriyah, M.Pd, Dosen Pembimbing: (II) Mila Roysa, M.Pd.
Kata Kunci: Model Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kritis, Media Komik Tematik, Tema Cita-citaku
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 May 2021 19:14
Last Modified: 06 May 2021 19:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13982

Actions (login required)

View Item View Item