Penerapan model think talk writeberbantuan media roda putar untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis tema 7 indahnya keragaman di negeriku kelas iv sdn talun 01

ROHMAH, NAZILA ‘AINUR (2020) Penerapan model think talk writeberbantuan media roda putar untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis tema 7 indahnya keragaman di negeriku kelas iv sdn talun 01. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (825kB) | Preview
[thumbnail of Bab1]
Preview
Text (Bab1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru sesudah menerapkan model pembelajaran Think Talk Writeberbantuan media roda putar tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku muatan PPKn dan Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN Talun 01. Berpikir kritis merupakan suatu kemampuan berpikir mendalam tentang penalaran yang logis, keterampilan menemukan, menjelaskan, menyimpulkan pengetahuan dan melakukan tindakan. Think Talk Write merupakan suatu model pembelajaran yang melatih siswa untuk mengeluarkan ide-ide atau pendapatnya dalam menyelesaikan suatu permasalahan melalui berpikir kritis kemudian di diskusikan dengan temannya dan menuliskan hasil diskusinya ke dalam lembar kertas yang sudah disediakan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media roda putar untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Talun 01. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini pada siswa kelas IV SDN Talun 01 dengan subyek penelitian 28 siswa. Penelitian berlangsung selama 2 siklus yang menggunakan desain PTK dari Kemmis dan Mc. Traggart. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Think Talk Writeberbantuan media roda putar, dan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan sebagai berikut (1) kemampuan berpikir kritis, ketuntasan klasikal siswa tahap prasiklus sebesar 62% dengan nilai rata-rata 62,3 (kurang) meningkat pada siklus I sebesar 72% dengan nilai rata-rata 72,4 (kurang) dan meningkat pada siklus II sebesar 85% dengan nilai rata-rata 85,4 (baik). (2) Aktivitas belajar siswa ranah sikap siklus I sebesar 73% dengan nilai rata-rata 73,3 (kurang) dan meningkat pada siklus II sebesar 86% dengan nilai rata-rata 86,4 (baik). Aktivitas belajar siswa ranah keterampilan siklus I sebesar 75% dengan nilai rata-rata 74,7 (cukup) dan meningkat pada siklus II sebesar 87% dengan nilai rata-rata 86,9 (baik). (3) Keterampilan mengajar guru siklus I sebesar 72% dengan nilai rata-rata 72,2 (kurang) dan meningkat pada siklus II sebesar 85% dengan nilai rata-rata 84,7 (baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dikelas IV SDN Talun 01, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media roda putar tema 7 indahnya keragaman di negeriku dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru. Oleh karena itu, dalam menerapkan model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media roda putar, disarankan guru mampu mengendalikan kondisi kelas, guru mampu membimbing siswa untuk lebih percaya diri atau tidak malu-malu pada saat mengutarakan pendapatnya, dan guru mampu menggunakan model dan media pembelajaran dengan maksimal supaya siswa lebih bersemangat, berantusias, dan berperan aktif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Deka Setiawan, S. Pd, M. Pd. Pembimbing 2 Siti Masfuah, S. Pd, M.Pd
Kata Kunci: berpikir kritis, Think Talk Write, media roda putar, aktivitas belajar siswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 09 May 2021 20:12
Last Modified: 09 May 2021 20:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14029

Actions (login required)

View Item View Item