peningkatan prestasi belajar siswa kelas iv sdn wedoro melalui penerapan model pembelajaran teams games tournaments (tgt) berbantu media permainan lerang

PRISTIANA, DITA (2020) peningkatan prestasi belajar siswa kelas iv sdn wedoro melalui penerapan model pembelajaran teams games tournaments (tgt) berbantu media permainan lerang. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (921kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Teams Games Tournaments berbantu media permainan Lerang dan menemukan peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Wedoro. Prestasi belajar adalah suatu bukti keberhasilan belajar atau kemampuan seseorang siswa dalam mengikuti kegiatan belajar sesuai dengan bobot yang dicapainya. Teams Games Tournaments adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang menggunakan pertandingan permainan secara berkelompok yang menuntut siswa untuk aktif dan saling bekerjasama dengan teman satu kelompoknya. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model TGT berbantu media permainan Lerang dapat meningkatakan keterampilan mengajar guru dan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Wedoro. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SDN Wedoro dengan subjek penelitian 37 siswa. penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model Teams Games Tournaments berbantu permainan Lerang, sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran TGT berbatu permainan Lerang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan keterampilan mengajar guru. Hal ini dapat dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan sebagai berikut, (1) Prestsi belajar siswa, presentase ketuntasan siswa pra siklus muatan Bahasa Indonesia sebesar 3% atau 1 siswa, pada siklus I menjadi 30% atau 11 siswa dan meningkat menjadi 76% atau 28 siswa pada siklus II. Pada muatan IPS juga mengalami peningkatan yaitu pada pra siklus sebesar 6% atau 2 siswa, pada siklus I menjadi 24% atau 13 siswa dan meningkat menjadi 76% atau 28 siswa pada siklus II; (2) keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh skor rata-rata 70,80%, meningkat pada siklus II menjadi 72,00%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran TGT berbantuan media permainan Lerang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV serta keterampilan mengajar guru SDN Wedoro. Saran bagi siswa untuk lebih berani dalam bertanya pada guru apabila mengalami kesulitan dalam belajar dan siswa hendaknya lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Guru hendaknya menggunakan media pembelajaran dan model yang variatif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Teams Games Tournaments, Media Permainan Lerang, Prestasi Belajar, Keterampilan Mengajar Guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 May 2021 18:38
Last Modified: 20 May 2021 18:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14074

Actions (login required)

View Item View Item