APRILIA, SOVIANA (2020) Penerapan model auditory, intellectualy, repetition untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis berbantuan media Roda pintar matematika. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
halaman judul.pdf - Published Version Download (21MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version Download (756kB) | Preview |
Text (BAB II)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (313kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (466kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (23MB) | Request a copy |
Abstrak
Kurangnya media atau alat peraga yang ada disekolah dan penggunaan model pembelajaran yang kurang variatif membuat kemampuan pemahaman matematis siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemahaman matematis, aktivitas belajar dan keterampilan mengajar guru menggunakan model Auditory, Intellectualy, Repetition berbantuan media roda pintar matematika. Model Auditory, Intellectualy, Repetiton merupakan model pembelajan yang memiliki 3 tahapan, yang dimulai dari: (1) Auditory (mendengarkan, menyimak, berbicara, presentasi, argumentasi mengemukakan pendapat dan menanggapi, (2) Intellectualy (bernalar, menyelidiki, mengidentifikasi, menemukan, mencipta, mengonstruksi, memecahkan masalah dan menerapkan), dan (3) Repetition (Pengulangan). Media roda pintar matematika adalah media pembelajaran yang menggunakan permainan roda putar yang digunakan sebagai permainan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Sukobubuk 01 Margorejo Pati dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 17 siswa dan guru yang dilakukan selama 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan pemahaman matematis, sedangkan variabel terikat bebas dalam penelitian ini adalah model Auditory, Intellectualy, Repetition berbantuan media roda pintar matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik non tes yang meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil penelitian ini model Auditory Intellectualy Repetition berbantuan media roda pintar matematika terbukti dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar guru pada mata pelajaran matematika materi keliling dan luas bangun datar siswa kelas IV SDN Sukobubuk 01. Dari hasil penelitian ini, guru hendaknya mampu menerapkan model Auditory Intellectualy Repetitionberbantuan media roda pintar matematika menjadi lebih menarik lagi sehingga siswa lebih memahami materi keliling dan luas bangun datar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | (1) Henry Suryo Bintoro, S.Pd.,M.Pd. (2) Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd.,M.Pd. |
Kata Kunci: | Kemampuan Pemahaman Matematis, Model Auditory, Intellectualy, Repetition, Roda Pintar Matematika |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 20:45 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 20:45 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14208 |
Actions (login required)
View Item |