Penerapan model auditory, intellectualy, repetition untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis berbantuan media Roda pintar matematika

APRILIA, SOVIANA (2020) Penerapan model auditory, intellectualy, repetition untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis berbantuan media Roda pintar matematika. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
halaman judul.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (756kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (466kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (23MB) | Request a copy

Abstrak

Kurangnya media atau alat peraga yang ada disekolah dan penggunaan model pembelajaran yang kurang variatif membuat kemampuan pemahaman matematis siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemahaman matematis, aktivitas belajar dan keterampilan mengajar guru menggunakan model Auditory, Intellectualy, Repetition berbantuan media roda pintar matematika. Model Auditory, Intellectualy, Repetiton merupakan model pembelajan yang memiliki 3 tahapan, yang dimulai dari: (1) Auditory (mendengarkan, menyimak, berbicara, presentasi, argumentasi mengemukakan pendapat dan menanggapi, (2) Intellectualy (bernalar, menyelidiki, mengidentifikasi, menemukan, mencipta, mengonstruksi, memecahkan masalah dan menerapkan), dan (3) Repetition (Pengulangan). Media roda pintar matematika adalah media pembelajaran yang menggunakan permainan roda putar yang digunakan sebagai permainan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Sukobubuk 01 Margorejo Pati dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 17 siswa dan guru yang dilakukan selama 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan pemahaman matematis, sedangkan variabel terikat bebas dalam penelitian ini adalah model Auditory, Intellectualy, Repetition berbantuan media roda pintar matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik non tes yang meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil penelitian ini model Auditory Intellectualy Repetition berbantuan media roda pintar matematika terbukti dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar guru pada mata pelajaran matematika materi keliling dan luas bangun datar siswa kelas IV SDN Sukobubuk 01. Dari hasil penelitian ini, guru hendaknya mampu menerapkan model Auditory Intellectualy Repetitionberbantuan media roda pintar matematika menjadi lebih menarik lagi sehingga siswa lebih memahami materi keliling dan luas bangun datar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: (1) Henry Suryo Bintoro, S.Pd.,M.Pd. (2) Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis, Model Auditory, Intellectualy, Repetition, Roda Pintar Matematika
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Jun 2021 20:45
Last Modified: 22 Jun 2021 20:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14208

Actions (login required)

View Item View Item