Analisis pembelajaran online terhadap kualitas pembelajaran matematika di rumah pada masa pandemi corona pada siswa kelas v sd kecamatan guntur demak

KASANAH, USWATUN (2020) Analisis pembelajaran online terhadap kualitas pembelajaran matematika di rumah pada masa pandemi corona pada siswa kelas v sd kecamatan guntur demak. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
1. JUDUL.pdf - Published Version

Download (676kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (818kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran online pada mata pelajaran matematika khususnya materi bangun ruang pada masa pandemi corona di kelas 5. (2) Menganalisis pengaruh pembelajaran online model WAG terhadap kualitas pembelajaran matematika ateri bangun ruang pada masa pandemic corona di kelas 5. (3) Menganalisis pengaruh pembelajaran model WAG dengan Google form terhadap kualitas pembelajaran matematika materi bangun ruang pada masa pandemic corona di kelas 5. (4) Menganalisis perbedaan pengaruh pembelajaran model WAG dan model WAG dengan google form terhadap kualitas pembelajaran matematika materi bangun ruang pada masa pandemic corona di kelas 5. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan desain sequential exploratory designs. Data yang diperoleh berasal dari kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua di lingkungan kecamatan Guntur Demak. Teknik Pengumpulan data dengan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi serta intrumen Tes Pilihan Ganda. Analisis Data yang digunakan adalah (1) penelitaan Kualitatif dengan Reduksi Data, penyajian data, penarikan kesimpulan (2) penelitian Kuantitatif dengan cara uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan (1) Triangulasi Teknik, dan (2) Triangulasi Sumber. Hasil penelitian adalah 1) Pelaksanaan pembelajaran daring dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi Whatsapp Group (WAG) dan Google form Aplikasi ini dipilih karena aplikasi tersebut karena mudah, familiar, dan menarik. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan daring adalah orang tua tiak memiliki handphone, memiliki hand phone tetapi masih Jadul, tidak punya kuota, jaringan internet bermasalah, siswa kurang memahami materi pembelajaran 2) Ada pengaruh model pembelajaran WA group terhadap kualitas pembelajaran matematika materi bangun ruang di kelas V SD yang dibuktikan dengan (t hitung>t tabel) (2.131 >2,0167), 3) Ada pengaruh model pembelajaran WA group dengan google form terhadap kualitas pembelajaran matematika materi bangun ruang di kelas V SD yang dibuktikan dengan (t hitung>t tabel) (6, 630 > 2,0195), 4) Ada perbedaan pengaruh model pembelajaran WA group dan WhatsApp grup dengan google form terhadap kualitas pembelajaran matematika materi bangun ruang di kelas V SD yang dibuktikan dengan terbukti t hitung>t table (3,180 > 2,0184).

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd 2. Dr. Suad, M.Pd.
Kata Kunci: pembelajaran online, kualitas pembelajaran, pandemi corona
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Jun 2021 21:16
Last Modified: 22 Jun 2021 21:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14213

Actions (login required)

View Item View Item