ANNISA, VIRGINIA (2020) Penerapan model problem based learning berbantuan media kartu gambar ilustrasi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas iv sdn 4 Kalipucang wetan jepara. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal. Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (327kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (368kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (504kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (333kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
|
Text (Artikel)
ARTIKEL ILMIAH.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (669kB) | Request a copy |
Abstrak
Proses pembelajaran tematik ini beberapa siswa terlihat aktif akan tetapi proses pembelajarannya yang masih bersifat monoton dan konvensional dengan menggunakan ceramah serta rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan penemuan yang menunjukkan bahwa rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa yaitu dari 21 siswa yang tuntas hanya 10 siswa (47,61%), sedangkan yang tidak tuntas 11 siswa (53, 91%) dalam pembelajaran IPS dan Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan Penelitaan Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dan keterampilan guru dengan penerapan model pembelajaran problem baded learning berbantuan media kartu gambar ilustrasi di kelas IV SD N 4 Kalipucang Wetan. Penelitian tindakan kelas ini telah dilaksanakan di kelas IV SD N 4 Kalipucang Wetan yang mempunyai subyek 21 orang siswa. Penelitian ini akan dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan masing-masing terdiri dari empat aspek yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan reflksi. Variabel bebasnya adalah Problem Based Learning dan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analissis data kualitatif dan kuantitatif. Keterampilan guru pada siklus I pertemuan 1 sebesar 64% dan siklus I pertemuan 2 sebesar 69%. Siklus II pertemuan 1 mencapai 76% dab siklus I pertemuan 2 sebesar 80%. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terdapat adanya peningkatan pemahaman konsep siswa pada aspek pengetahuan pada siklus I mencapai nilai persentase klasikal yaitu pada muatan IPS sebesar 61,90% dan muatan Bahasa Indonesia persentase ketuntasan klasikal sebesar 76,19%. Pada siklus II mengalami peningkatan lagi ketuntasan klasikal mencapai 80,95%pada muatan IPS dan pada muatan Bahasa Indonesia sebesar 85,71%.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | (I) Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd. (II) Muhammad Noor Ahsin, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Pemahaman Konsep, Problem Based Learning, Gambar Ilustrasi |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 21:01 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 21:01 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14239 |
Actions (login required)
View Item |