NI’MAH, PUTRI SUKROTIN (2020) Penanaman karakter rasa hormat dalam pembelajaran tematik siswa kelas iii sd 7 hadipolo. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal. Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version Download (344kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (436kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (425kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (424kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk penanaman karakter rasa hormat dalam pembelajaran tematik siswa di kelas III SD 7 Hadipolo. Fokus utama dari penelitian ini yaitu upaya guru dalam penanaman karakter rasa hormat dalam pembelajaran tematik siswa di kelas III. Pendidikan karakter rasa hormat merupakan bagian dari proses pendidikan dalam pengajaran disekolah yang penting. Karakter rasa hormat merupakan sikap yang menunjukkan penghargaan kita terhadap harga diri orang lain ataupun hal lain selain diri kita. Di dalam perkembangan rasa hormat banyak dipengaruhi oleh lingkungan salah satuhnya lingkungan sekolah dengan ajaran guru. Hal ini mengakibatkan perbedaan rasa hormat siswa yang satu dengan yang lain karena perbedaan pengaruh atau lingkungan yang diterimanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian Siswa kelas III. Adapun objek penelitian ini adalah penanaman karakter rasa hormat siswa dan siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman (reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman karakter rasa hormat yang guru lakukan dalam pembelajaran tematik diantaranya dengan menciptakan suasana yang kondusif, pembiasaan, pengintegrasian dalam pembelajaran, keteladanan dan pemberian punishment. Nilai karakter rasa hormat yang dimiliki siswa tertanam dan diberlakukan dalam pembelajaran tematik dikelas. Bentuk perilaku rasa hormat yang dimiliki siswa diantaranya: siswa selalu memberikan salam ketika bertemu dengan guru, jujur dalam mengerjakan tugas, hormat dan sopan terhadap guru, bertoleransi, berteman dengan teman yang berbeda agama dan lainnya. Sedangkan faktor yang mempengaruhi guru dalam menanamkan karakter hormat siswa yakni dari lingkungan keluarga dan lingkungan sekitarnya. Upaya sekolah dalam pembentukan karakter rasa hormat dengan adanya penanaman budaya senyum, salam, sapa yang diterapkan untuk seluruh anggota sekolah sehingga seluruh anggota sekolah saling menghormati antar teman, guru dan karyawan sekolah.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | (1) Imaniar Purbasari, S.Pd, M.Pd (2) Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd. |
Kata Kunci: | Rasa Hormat, Pembelajaran Tematik |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 Jun 2021 00:02 |
Last Modified: | 26 Jun 2021 00:02 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14321 |
Actions (login required)
View Item |