Pengembangan buku saku berbasis mind mapping materi bentuk keberagaman di indonesia untuk meningkatan hasil belajar ppkn kelas 4 sd gugus rara mendut pati

KARMINTORO, KARMINTORO (2020) Pengembangan buku saku berbasis mind mapping materi bentuk keberagaman di indonesia untuk meningkatan hasil belajar ppkn kelas 4 sd gugus rara mendut pati. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (873kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (764kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kebutuhan pengembangan; (2) mengembangkan; dan (3) menganalisis kelayakan dari buku saku berbasis mind mapping materi bentuk keberagaman di Indonesia untuk penguatan hasil belajar PPKn kelas 4 SD di Gugus Rara Mendut Pati (selanjutnya di singkat “Busa MM”). Penelitian Pengembangan (RnD) ini menggunakan model Borg & Gall. Data diambil dengan teknik wawancara, angket dan tes. Hasil penelitian sebagai berikut: Pertama, bahwa pengembangan “Busa MM” sangat dibutuhkan untuk meningkatkan hasil belajar dengan mempertimbangkan karakteristik materi PPKn yang padat dan karakterstik “otak” (kognisi) siswa yang berkembang pada tahap operasional konkrit. Kedua, bahwa pengembangan “Busa MM” berhasil dikembangkan melalui 7 tahap, yakni: a) identifikasi potensi dan masalah, b) pengumpulan data, c) desain produk, d) validasi desain, e) revisi produk I, f) uji coba produk, g) revisi produk II (produk akhir). “Busa MM” terdiri dari 4 bagian, yakni bagian cover (depan dan belakang), bagian preliminary (halaman judul, catatan hak cipta, kata pengantar, dan target kompetensi), bagian isi (terdiri dari 5 bab), bagian postliminary (daftar pustaka, latihan soal dan catatan). Ketiga, bahwa tingkat kelayakan “Busa MM” rata-rata adalah sangat layak. Skor uji kelayakan validator materi sebesar 91,66% dengan kategori sangat layak. Skor uji kelayakan validator media sebesar 89,84% dengan kategori sangat layak. Skor rata-rata respon guru sebesar 94,44% dengan kategori sangat layak. Skor rata-rata persentase respon siswa sebesar 95% dengan kategori sangat layak. Skor uji N-gain pada saat uji produk sebesar 0,39 yang bermakna terdapat peningkatan hasil antara pretes dan postes dengan kategori sedang.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I: Dr. Slamet Utomo, M. Pd., Pembimbing II: Dr. Su’ad, M.Pd.
Kata Kunci: buku saku, mind mapping, keberagaman
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Sep 2021 20:18
Last Modified: 22 Sep 2021 20:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14807

Actions (login required)

View Item View Item