SANTI, MEILA NOOR (2021) Peran program edukasi belajar dari rumah oleh tvri dalam menumbuhkan minat belajar siswa Kelas vi sdn 02 ngetuk. Sarjana thesis, UMK.
![]() |
Text (Hal Depan)
Hal Judul.pdf - Accepted Version Download (770kB) |
![]() |
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version Download (282kB) |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (385kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (342kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (337kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (95kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (97kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran program edukasi Belajar Dari Rumah oleh TVRI bagi siswa serta untuk mengetahui program edukasi Belajar Dari Rumah di TVRI dalam menumbuhkan minat belajar siswa kelas VI SDN 02 Ngetuk. Minat belajar siswa adalahketertarikan dan kecenderungan yang tinggi terhadap proses pencarian pengetahuan dan mengasah keterampilan melalui suatu pengajaran, pelatihan, dan pengalaman. Televisi edukasi adalah televisi yang khusus menyiarkan program pendidikan dengan sasaran adalah siswa sekolah yang dimaksudkan sebagai sumber belajar yang telah direncanakan untuk membantu siswa dalam memperoleh konten pengetahuan serta moral yang tidak didapatkan dari televisi swasta. Penelitianini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Mengambil subjek penelitian sebanyak 10 orang siswa kelas VI SDN 02 Ngetuk. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan angket. Serta teknik analisis data terdiri dari proses reduksi data, penyajian data, serta verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program edukasi Belajar dari Rumah memiliki tiga peran yang dimanfaatkan oleh siswa yaitu sebagai sumber belajar, sumber informasi, dan sebagai sumber hiburan. Di antara 10 orang informan diketahui bahwa 30% menggunakan sebagai sumber belajar dan memiliki minat belajar tinggi, 20% menggunakan sebagai sumber informasi dan memiliki minat belajar cukup serta 50% menggunakan sebagai sumber hiburan dan memiliki minat belajar rendah. Ini membuktikan bahwa program tersebut belum bisa secara signifikan menumbuhkan minat belajar siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Fina Fakhriyah, S. Pd., M. Pd. Pembimbing 2 Lintang Kironoratri, S. Pd., M. Pd. |
Kata Kunci: | Education Program, Home Learning, Learning Interest. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 22:34 |
Last Modified: | 29 Sep 2021 22:34 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15025 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |