Peran program edukasi belajar dari rumah oleh tvri dalam menumbuhkan minat belajar siswa Kelas vi sdn 02 ngetuk

SANTI, MEILA NOOR (2021) Peran program edukasi belajar dari rumah oleh tvri dalam menumbuhkan minat belajar siswa Kelas vi sdn 02 ngetuk. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
Hal Judul.pdf - Accepted Version

Download (770kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (282kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (97kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran program edukasi Belajar Dari Rumah oleh TVRI bagi siswa serta untuk mengetahui program edukasi Belajar Dari Rumah di TVRI dalam menumbuhkan minat belajar siswa kelas VI SDN 02 Ngetuk. Minat belajar siswa adalahketertarikan dan kecenderungan yang tinggi terhadap proses pencarian pengetahuan dan mengasah keterampilan melalui suatu pengajaran, pelatihan, dan pengalaman. Televisi edukasi adalah televisi yang khusus menyiarkan program pendidikan dengan sasaran adalah siswa sekolah yang dimaksudkan sebagai sumber belajar yang telah direncanakan untuk membantu siswa dalam memperoleh konten pengetahuan serta moral yang tidak didapatkan dari televisi swasta. Penelitianini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Mengambil subjek penelitian sebanyak 10 orang siswa kelas VI SDN 02 Ngetuk. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan angket. Serta teknik analisis data terdiri dari proses reduksi data, penyajian data, serta verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program edukasi Belajar dari Rumah memiliki tiga peran yang dimanfaatkan oleh siswa yaitu sebagai sumber belajar, sumber informasi, dan sebagai sumber hiburan. Di antara 10 orang informan diketahui bahwa 30% menggunakan sebagai sumber belajar dan memiliki minat belajar tinggi, 20% menggunakan sebagai sumber informasi dan memiliki minat belajar cukup serta 50% menggunakan sebagai sumber hiburan dan memiliki minat belajar rendah. Ini membuktikan bahwa program tersebut belum bisa secara signifikan menumbuhkan minat belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Fina Fakhriyah, S. Pd., M. Pd. Pembimbing 2 Lintang Kironoratri, S. Pd., M. Pd.
Kata Kunci: Education Program, Home Learning, Learning Interest.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Sep 2021 22:34
Last Modified: 29 Sep 2021 22:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15025

Actions (login required)

View Item View Item