NAZAH, SHOFIATUN (2021) Pola asuh orang tua yang otoriter terhadap motivasi belajar anak. Sarjana thesis, UMK.
![]() |
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
![]() |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (909kB) |
![]() |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (676kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (18MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk pola asuh otoriter ang diterapkan orang tua, mengetahui faktor penyebab orang tua menerapkan pola asuh otoriter. Serta mengetahui dampak diterapkannya pola asuh otoriter terhadap motivasi belajar anak. Penelitian ini membahas mengenai pola asuh otoriter di desa Troso terhadap motivasi belajar anak. Pola asuh otoriter merupakan bentuk pola asuh yang menekankan pada pengawasan orang tua kepada anak untuk mendapatkan ketaatan atau kepatuhan. Orang tua yang bersikap tegas, suka menghukum dan cenderung mengekang keinginan anak. Sehingga sangat berkaitan dengan motivasi belajar anak. Motivasi belajar merupakan dorongan untuk melakukan sesuatu agar mencapai tujuan tertentu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di desa Troso kecamatan Pecangaan kabupaten Jepara, dengan mengambil subjek penelitian tiga orang tua dan tiga anak dengan latar belakang yang berbeda. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dokumentasi, dan pencatatan. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa Bentuk pola asuh otoriter yang diterapkan terhadap anak di Desa Troso berupa pengadaan hukuman kepada anak yang melakukan kesalahan, pemberian aturan-aturan ketat kepada anak, tidak memberikan kebebasan, tidak menjalin komunikasi yang baik kepada anak dan selalu menarget anak sesuai dengan apa yang dikehandaki. Selanjutnya terdapat faktor-faktor yang menyebabkan orang tua menerapkan pola asuh otoriter terhadap anak di Desa Troso bahwa orang tua merasa dominan kepada anak, orang tua memiliki prinsip bahwa memiliki kekuasan sepenuhnya terhadap anak, dan orang tua terlalu memiliki harapan yang tinggi kepada anak. Adapun dampak pola asuh otoriter terhadap motivasi belajar anak yakni anak menjadi termotivasi dengan beberapa ciri-ciri yakni meliputi selalu mengerjakan tugas, tidak mudah putus asa dalam menghadapi kesulitan pembelajaran, mampu memecahkan permasalahan, konsentrasi belajar yang tinggi, mampu belajar secara mandiri, tanggung jawab, dan belajar setiap hari. Pola asuh orang tua otoriter memiliki bentuk yang bermacam-macam yang pada dasarnya mengacu pada ketaatan anak kepada orang tu. Pola asuh tersebut terjadi sebab faktor-faktor tertentu seperti orang tua dominan terhadap anak, masih memiliki prinsip untuk menguasai anak, dan harapan yang terlalu tinggi kepada anak. Meskipun demikian, dampaknya menjadikan anak memiliki motivasi belajar
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Pola Asuh Otoriter, Motivasi Belajar Anak |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 07 Oct 2021 23:22 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 23:22 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15299 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |