Pengaruh perhatian orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas iii pada tema 6 energi dan perubahannya sdn tambaharjo 02

RAHMAWATI, ARUM DWI (2021) Pengaruh perhatian orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas iii pada tema 6 energi dan perubahannya sdn tambaharjo 02. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (528kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (299kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (339kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas III Pada Tema 6 Energi dan Perubahannya SDN Tambaharjo 02. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN Tambaharjo 02 bahwa masih ada sebagaian siswa yang memiliki nilai rendah dikarenakan orang tua kurang memberikan perhatian pada anak serta fasilitas belajar yang dimiliki oleh anak belum tercukupi dengan baik. Perhatian orang tua serta fasilitas belajar yang maksimal membuat siswa semangat belajar sehingga siswa memiliki prestasi belajar yang baik. Sebaliknya jika perhatian orang tua dan fasilitas belajar kurang maksimal, membuat siswa tidak tidak semangat belajar sehingga prestasi belajar siswa rendah. Perhatian orang tua adalah segala bentuk pemusatan dari dari seorang ayah dan ibu kepada anaknya. Fasilitas belajar adalah segala macam sesuatu yang memperlancar proses kegiatan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tambaharjo 02 dengan jumlah sampel sebanyak 18 siswa. Pengujian hipotesis dilakukan dengan bantuan dari program Statical Product and Service Solutions (SPSS) versi 23. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik kuesioner, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yakni dengan analisis regresi linier berganda, uji T, Uji F, Koefisien Determinasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa perhatian orang tua dan prestasi belajar dalam kategori yang baik yakni sebesar 77,8% untuk perhatian orang tua dan 61,1% untuk fasilitas belajar, hal ini menunjukkan bahwa perhatian dan fasilitas yang diberikan oleh orang tua sudah terpenuhi dengan baik. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara perhatian orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan perolehan nilai Fhitung yang lebih besar dari Ftabel (3,416 > 2,120) dan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,005 (0,017 < 0,05). Perhatian orang tua dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Guru dan orang tua harus bisa menjalin kerja sama yang baik, sehingga anak bisa mendapatkan perhatian dan fasilitas yang maksimal dalam kegiatan belajarnya baik di sekolah maupun di rumah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd., Pembimbing 2 Diana Ermawati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Prestasi Belajar, Fasilitas Belajar, Perhatian Orang Tua
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Oct 2021 20:54
Last Modified: 08 Oct 2021 20:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15333

Actions (login required)

View Item View Item