WIDODO, WIDODO (2013) UPAYA DINAS PERDAGANGAN DAN PENGELOLAAN PASAR KABUPATEN KUDUS DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN KONSUMEN. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (HAL.JUDUL)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (658kB) |
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (385kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (152kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (155kB) |
Abstrak
Dalam era globalisasidankemajuanteknologisepertisekarangini, terjadibanyakpenawaranterhadapkonsumen, sehinggakonsumenharuslebihmemahamihakdankewajibannya.PeranPemerintahdalammengatur, mengawasi, danmengontrolsangatdibutuhkansehinggaterciptasistem yang kondusif.Untukmewujudkankemandiriankonsumenpadamasyarakat, makasangatdiperlukanpembinaan, pendidikan, danlatihanmenujupadakemandirianpadatiapkonsumen. TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiapaupayaDinasPerdagangandanPengelolaanPasarKabupaten Kudus dalammeningkatkanpengetahuan, kesadaran, dankemandiriankonsumenuntukmelindungidiri, untukmengetahuiLangkah-langkahapasaja yang dilakukanDinasPerdagangandanPengelolaanPasarKabupaten Kudus dalammenjaminadanyakepastianterhadapkonsumen, UntukmengetahuiFaktor-faktorapasaja yang menyebabkankonsumentidakmandirisebagaisubyekhukum, dan u ntukmengetahuibagaimana proses penyelesaiansengketaantaraprodusendankonsumenapabilaterjadipermasalahan. Metodependekatan yang digunakandalampenelitianiniadalahyuridissosiologis.Spesifikasipenelitianiniadalahdeskriptifanalitis.Metodepengumpulan data yang digunakanmula-muladilakukanpenelitianterhadap data sekunder yang kemudiandilanjutkandenganpenelitianlapanganuntukmemperoleh data primer.MetodeAnalisis Data, Data yang diperolehdalampenelitianinidiolahdandianalisisdenganmenggunakanmetodenormatif- kualitatif. Dari hasilpenelitian yang didapat,menunjukkanbahwa: 1) UpayaDinasdalammeningkatkankemandiriankonsumendengancarasosialisasi, penyuluhandan pengawasan;2) langkah-langkahDinasdalammenjaminkepastianhukumdengancaramengatur, mengawasi, mengendalikanproduksi, distribusidanperedaranproduk; 3) Faktor yang menyebabkankonsumentidakmandiriantara lain konsumenkurangpahammengenai UUPK; 4) Proses penyelesaiansengketa di dalam UUPK menetapkanduacarapenyelesaianyaitu di luarpengadilandanmelaluipengadilan. Kesimpulandarihasilpenelitianiniadalahdalam era globalisasisepertisaatini, diharapkanbaikpelakuusahamaupunkonsumenharusmengetahuihak-hakdankewajibannyamasing-masing, sehinggatidakadapihak yang merasadirugikan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Kristiyanto, SH.,MH dan Sumono, SH.,MH |
Kata Kunci: | Kata Kunci:UpayaDinasPerdagangandanPengelolaanPasarKabupaten Kudus, PerlindunganKonsumen, KonsumenCerdas. |
Subjects: | Hukum |
Program Studi: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1) |
Depositing User: | Ririn Mela Safitri |
Date Deposited: | 19 Jul 2013 01:44 |
Last Modified: | 19 Jul 2013 01:44 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1541 |
Actions (login required)
View Item |