UPAYA DINAS PERDAGANGAN DAN PENGELOLAAN PASAR KABUPATEN KUDUS DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN KONSUMEN

WIDODO, WIDODO (2013) UPAYA DINAS PERDAGANGAN DAN PENGELOLAAN PASAR KABUPATEN KUDUS DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN KONSUMEN. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL.JUDUL]
Preview
PDF (HAL.JUDUL)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (658kB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (155kB)

Abstrak

Dalam era globalisasidankemajuanteknologisepertisekarangini, terjadibanyakpenawaranterhadapkonsumen, sehinggakonsumenharuslebihmemahamihakdankewajibannya.PeranPemerintahdalammengatur, mengawasi, danmengontrolsangatdibutuhkansehinggaterciptasistem yang kondusif.Untukmewujudkankemandiriankonsumenpadamasyarakat, makasangatdiperlukanpembinaan, pendidikan, danlatihanmenujupadakemandirianpadatiapkonsumen. TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiapaupayaDinasPerdagangandanPengelolaanPasarKabupaten Kudus dalammeningkatkanpengetahuan, kesadaran, dankemandiriankonsumenuntukmelindungidiri, untukmengetahuiLangkah-langkahapasaja yang dilakukanDinasPerdagangandanPengelolaanPasarKabupaten Kudus dalammenjaminadanyakepastianterhadapkonsumen, UntukmengetahuiFaktor-faktorapasaja yang menyebabkankonsumentidakmandirisebagaisubyekhukum, dan u ntukmengetahuibagaimana proses penyelesaiansengketaantaraprodusendankonsumenapabilaterjadipermasalahan. Metodependekatan yang digunakandalampenelitianiniadalahyuridissosiologis.Spesifikasipenelitianiniadalahdeskriptifanalitis.Metodepengumpulan data yang digunakanmula-muladilakukanpenelitianterhadap data sekunder yang kemudiandilanjutkandenganpenelitianlapanganuntukmemperoleh data primer.MetodeAnalisis Data, Data yang diperolehdalampenelitianinidiolahdandianalisisdenganmenggunakanmetodenormatif- kualitatif. Dari hasilpenelitian yang didapat,menunjukkanbahwa: 1) UpayaDinasdalammeningkatkankemandiriankonsumendengancarasosialisasi, penyuluhandan pengawasan;2) langkah-langkahDinasdalammenjaminkepastianhukumdengancaramengatur, mengawasi, mengendalikanproduksi, distribusidanperedaranproduk; 3) Faktor yang menyebabkankonsumentidakmandiriantara lain konsumenkurangpahammengenai UUPK; 4) Proses penyelesaiansengketa di dalam UUPK menetapkanduacarapenyelesaianyaitu di luarpengadilandanmelaluipengadilan. Kesimpulandarihasilpenelitianiniadalahdalam era globalisasisepertisaatini, diharapkanbaikpelakuusahamaupunkonsumenharusmengetahuihak-hakdankewajibannyamasing-masing, sehinggatidakadapihak yang merasadirugikan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Kristiyanto, SH.,MH dan Sumono, SH.,MH
Kata Kunci: Kata Kunci:UpayaDinasPerdagangandanPengelolaanPasarKabupaten Kudus, PerlindunganKonsumen, KonsumenCerdas.
Subjects: Hukum
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Ririn Mela Safitri
Date Deposited: 19 Jul 2013 01:44
Last Modified: 19 Jul 2013 01:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1541

Actions (login required)

View Item View Item