Pengembangan model pembelajaran flipped classroom berbasisedupreneur untuk meningkatkan hasil belajar ips pada siswa kelas iv sekolah dasar

SUHARTATI, OKTRI (2021) Pengembangan model pembelajaran flipped classroom berbasisedupreneur untuk meningkatkan hasil belajar ips pada siswa kelas iv sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (948kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (367kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (792kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (427kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) menganalisis kebutuhan pembelajaran flipped classroom, 2) menganalisis pembelajaran flipped classroom pada siswa kelas IV SD di Kabupaten Kudus, 3) menyusun desain model pembelajaran flipped classroom berbasis edupreneur untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD di Kabupaten Kudus, 4) menganalisis efektivitas model pembelajaran flipped classroom berbasis edupreneur untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD di Kabupaten Kudus. Penelitian merupakan penelitian R & D. Prosedur penelitian diadaptasi dari model pengembangan menurut Borg & Gall. Tahapan penelitian meliputi: Penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba skala luas, dan produktivitas setelah revisi. Jenis data berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket, dan tes. Instrumen pengumpulan data digunakan untuk mengumpulkan data pada uji validitas dari pakar, uji coba terbatas dan uji coba luas. Analisis terhadap data validasi dari pakar materi, pakar kurikulum dan praktisi pendidikan, dan ujicoba dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Uji efektivitas dianalisis dengan uji gain, uji t pada taraf signifikasi 0,05. Model pembelajaran flipped classroom dengan siswa mempelajari materi sebelum kelas dimulai dilanjutkan pengerjaan tugas dan diskusi tentang Edupreneur sendiri berarti pendidikan yang menanamkan konsep kewirausahaan Adapun sintak pembelajaran flipped classroom berbasis edupreneur meliputi planning, activities at home, Intergrating homework and classwork, Team organization, Organized Presentation, dan product development. Hasil penelitian diketahui penerapan model model pembelajaran flipped classroom di Kabupaten Kudus sudah dilakukan oleh guru yang terkendala dalam penerapan sintaknya. Desain pengembangan model pembelajaran flipped classroom meliputi: komponen perencanaan, komponen proses, dan proses pembelajaran. Penerapan model pembelajaran flipped classroom berbasis edupreneur efektif terhadap hasil belajar IPS siswa. Hal tersebut berdasarkan uji n gain yang mencapai 0,415 (peningkatan sedang), sedangkan kelas control mencapai 0,282 (peningkatan rendah). Salanjutnya, berdasarkan hasil uji t paired sample t test yang menunjukkan diperoleh nilai thitung = 5,218 > ttabel = 2,019 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 > 0,05 dan uji t Independent Sample t Test nilai thitung = 3,714 > ttabel = 1,982 dan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara penggunaan model pembelajaran flipped classroom berbasis edupreneur dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., pembimbing 2 Dr. Erik Aditya Ismaya, M.A.
Kata Kunci: Flipped Classroom, Edupreneur, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Oct 2021 19:26
Last Modified: 13 Oct 2021 19:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15498

Actions (login required)

View Item View Item