PATRIA, ANDI (2021) Pengembangan buku cerita bergambar berbantuan video untuk peningkatan pemahamanxkonsep pecahan dan karakter pedulipsosialsiswakelas iv sd di dabin ii kecamatan pulokulon kabupaten grobogan. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (264kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (521kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (118kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (260kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis kebutuhan lbuku lcerita lbergambar lberbantuan videodalammeningkatkan lpemahaman lkonsep pecahan ldan lkarakter lpeduli lsosial lsiswa lkelas lIV lSD di Dabin II Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan; (2) mendesain produk berupa pengembangan lbuku lcerita lbergambar lberbantuan video yang layak luntuk lmeningkatkanpemahaman lkonsep pecahan ldan lkarakter lpeduli lsosial lsiswa lkelas lIV SD di Dabin II Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan; (3) menganalisis lkeefektifan lbuku lcerita lbergambar lberbantuan video lyang llayak luntuk lmeningkatkan lkemampuan lpemahaman lkonsep ldan lkarakter lpeduli lsosial lsiswa lkelas lIV SD di Dabin II Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian ini adalah research dan developmentdengan menggunakan model Borg and Gall. Produk berupa buku cerita bergambar berbantuan video. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di Dabin IIKecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan.Pengumpulan data menggunakan instrumen pedoman wawancara, angket, lembar validasi ahli, lembar observasi karakter peduli sosial, dan tes pemahaman konsep pecahan. Kebutuhan akan produk yang dikembangkan dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Produk yang dikembangkan diuji kelayakannya oleh ahli bahasa, materi, media. Keefektifan buku cerita bergambarberbantuan video dalam meningkatkan pemahaman konsep pecahan dan karakter peduli sosial dianalisis dengan analisis statistik Paired Sample T-testdan Independent Sample T-test dengan taraf signifikansi <0,05. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa siswa dan guru membutuhkan produk yang dikembangkan dalam penelitian ini. Desain pengembangan produk dilakukan dengan tahapan perencanaan, proses penyusunan dan evaluasi. Skor rata-rata keseluruhan dari validasi dari ahli bahasa, materi, dan media berturut-turut adalah 3,07, 2,94, 3,17, dan ketiganya termasuk dalam kriteria “Layak”. Kelayakan juga didukung dari hasil angket respon siswa dan guru yang menunjukkan skor rata-rata 3,25 dan 3,26 dengan kriteria “Baik” dan “Sangat Baik”. Produk yang dikembangkan juga terbukti efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan dan karakter peduli sosial siswa kelas IV SD di Dabin II Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan berdasarkan hasil Paired Sample T-test< 0,05 yakni 0,000, hasil Independent Sample T-test < 0,05 yakni 0,000.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Dr. Sri Utaminingsih, M. Pd., Pembimbing 2 Dr. Irfai Fathurohman, S. Pd., M. Pd. |
Kata Kunci: | buku ceritabergambar, pemahaman konsep pecahan, karkter peduli sosial |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 02:05 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 02:05 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15798 |
Actions (login required)
View Item |