The students’ perception on the use of figurative laguage in jane austen’s pride and prejudice: a study of literary pragmatic approach

KHOIRUNISA’, UMI KARISMA (2021) The students’ perception on the use of figurative laguage in jane austen’s pride and prejudice: a study of literary pragmatic approach. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HAL,JUDUL.pdf - Published Version

Download (730kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (460kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Majas merupakan gaya bahasa yang menjadi ciri khas dalam sebuah karya sastra. Kajian majas dalam karya sastra menjadi hal yang menarik untuk diteliti karena keberagaman hasil kajian yang dapat dipelajari didalam kajian tersebut. Salah satu kajian karya sastra terdapat kajian yang menelaah hubungan antara sebuah karya sastra dengan pembacanya. Menurut M.H Abrams teori kajian ini dinamakan teori pragmatik sastra. Salah satu karya sastra yang populer dikaji dalam dunia penelitian adalah novel. di dalam novel terdapat susunan unsur-unsur yang kompleks, sehingga diperlukan sebuah kajian yang mendalam untuk karya sastra berbentuk novel. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kandungan majas dalam novel Pride and Prejudice karya Jane Austen dengan metode kajian berupa teori pragmatik sastra oleh M.H Abrams. Dalam kajian pragmatik yang mengemukakan hubungan antara karya sastra dengan pembaca ini, maka peneliti menggunakan persepsi siswa dari kelas reading for literary appreciation untuk mewakili persepsi pembaca yang akan dikaji dalam penelitian ini. Sampel yang diambil adalah dua orang sebagai perwakilan dari kelas A reading for literary appreciation yang terdiri dari satu siswa dan 1 siswi yang mewakili gender masing-masing. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pedoman pengumpulan data (instrumen) berupa angket terbuka. Analisis pragmatik dalam penelitian ini berfokus pada makna setuap bahasa kiasan (majas) berdasarkan persepsi siswa, nilai estetika dan dampak atau nilai yang terkandung dalam novel Pride and Prejudice yang disampaikan melaui majas. Hasil data yang diperoleh adalah 56% persepsi positif dan 44% persepsi negatif. Berdasarkan persepsi siswa, aspek estetika majas atau keindahan majas dalam novel ini mengandung 56% majas dengan kandungan kata yang indah dan 44% kandungan majas dengan kosakata yang tidak estetis. Untuk dampak atau nilai yang terkandung dalam novel, novel ini mengandung 26% nilai sosial, 16% nilai budaya, dan 68% nilai moral seluruh nilai tersebut disampaikan melaui padanan kata yang ada pada majas yang digunakan dalam cuplikan perwakilan bab yang tercantum dalam kuesioner. Peneliti berharap penelitian ini dapat bermanfaat bagi guru dan juga peneliti selanjutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan analisis pragmatik terkait majas dalam novel Pride and Prejudice. Setelah membaca penelitian ini, diharapkan guru dapat mengetahui keterkaitan yang mendalam antara karya sastra dengan majas dan menggunakannya sebagai referensi untuk mengajar bahasa inggris melalui sebuah karya sastra. Diharapkan guru juga dapat memberi kesempatan kepada murid untuk mempelajari karya sastra secara luas.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Dr. Rismiyanto, S.S M.Pd Pembimbing 2. Dr. Ahdi riyono, S.S, M.hum
Kata Kunci: Majas, Novel Pride and Prejudice, Analisis Pragmatik.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Oct 2021 23:37
Last Modified: 29 Oct 2021 23:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15915

Actions (login required)

View Item View Item