Veranika, Putwi (2022) Implementasi pembelajaran daring dengan media aplikasi whatsapp group di sd 2 mlati lor. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (629kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (220kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (378kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (346kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (190kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (200kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran daring dengan media aplikasi WhatsApp Group, hasil belajar matematika siswa dan dampak pembelajaran daring menggunakan aplikasi WhatsApp Group dalam hasil belajar matematika di SD 2 MlatiLor. Manfaat penelitian untuk lebih aktif dalam pembelajaran daring padamasapandmei Covid-19, serta melatih guru dan siswa menggunakan teknologi dalam kegiatan pembelajaran khusunya menggunakan aplikasi WhatsApp Group. Pembelajaran daring adalah proses pembelajaran dengan menerapkan sistem pembelajaran yang tidak berlangsung dalam suatu ruangan kelas, sehingga tidak ada interaksi langsung secara tatap muka antara pengajar dan pembelajarnya, memanfaatkan paket informasi elektronik yang mudah diakses siswa berbasis IT. Pembelajaran berbasis IT dengan menggunakan aplikasi Whatsapp Group merupakan inovasi dalam dunia pendidikan dan juga merupakan tantangan bagi para pendidik dalam kesiapan mereka menyiapkan materi yang akan diajarkan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan kategori deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SD 2 Mlati Lor Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Obyek yang diteliti adalah dampak proses pembelajaran daring terhadap hasil belajarpada mata pelajaran matematika dengan aplikasi whatsapp, sedangkan subyek penelitian adalah informanya siswa kelas IV yang berjumlah 6 siswa 3 laki-laki dan 3 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian deskripsi kualitatif yang sudah dilaksanakan di kelas IV SD 2 Mlati Lor, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring menggunakan aplikasi Whatsapp Group di SD 2 Mlati Lor berjalan dengan baik sesuai standar pendidikan yang diberlakukan. Semua satuan pendidikan rata-rata dalam pembelajaran daring menggunakan Aplikasi Whatsapp Group dimana pembelajaran daring wali kelas IV penyampaian materinya menggunakan video pembelajaran yang sudah buata atau dari Youtobe dan buku LKS sehinga siswa akan tetap belajar meskipun dirumah. Sedangkan, hasil belajar matematika di SD 2 Mlati Lor memiliki peningkatan dengan adanya pembelajaran daring dan nilai seluruh siswa tuntas. Kesimpulan dalam penelitian kualitatif ini adalah pelaksanaan pembelajaran daring sudah sesuai dengan standar pendidikan yang diperbelakukan. Pembelajaran daring di kelas IV SD 2 MlatiLor memanfaatkan aplikasi WhatsApp Group dan nilai hasil belaja rdalam proses belajar pada muatan Matematikake seluruhan tuntas.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing (1) Dr. Su’ad., M.Pd Dosen Pembimbing (2) Ratri Rahayu, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Pembelajaran Daring, Aplikasi Whatsapp, Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 Mar 2022 01:51 |
Last Modified: | 19 Mar 2022 01:51 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15988 |
Actions (login required)
View Item |