Purnamawati, Susi (2022) Pengembangan buku cerita bergambar berbasis lingkungan sekolah untuk peningkatan minat baca anak tk pada sentra persiapan. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (616kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version Download (145kB) | Preview |
Text (Bab II)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (368kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (439kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (104kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (207kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (745kB) | Request a copy |
Abstrak
Susi Purnamawati, 2022. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Lingkungan Sekolah Untuk Peningkatan Minat Baca Anak TK Pada Sentra Persiapan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kebutuhan pengembangan buku cerita bergambar Berbasis Lingkungan Sekolah untuk meningkatkan minat baca anak TK pada sentra persiapan. Menghasilkan desain produk pengembangan buku cerita bergambar Berbasis Lingkungan Sekolah untuk meningkatkan minat baca anak TK pada sentra persiapan. Mengetahui kepraktisan pengembangan buku cerita bergambar Berbasis Lingkungan Sekolah untuk meningkatkan minat baca anak TK pada sentra persiapan. Menganalisis efektivitas pengembangan buku cerita bergambar Berbasis Lingkungan Sekolah untuk meningkatkan minat baca anak TK pada sentra persiapan. Metode penelitian dengan desain Research and Development yang meliputi 7 langkah; pengumpulan data, rancangan produk, pembuatan produk, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi hasil uji lapangan. Populasi adalah siswa PAUD sentra persiapan Rembang. Data yang digunakan yakni data kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen penelitian berupa wawancara/observasi, angket, tes, dan instrument validasi produk. Analisis data dilakukan untuk melihat perbedaan rata-rata antara kedua sampel menggunakan uji-t. Hasil penelitian mendapatkan analisa kebutuhan dengan wawancara dan observasi didapatkan bahwa dalam pembelajaran tema lingkungan sekolah di TK Pertiwi I Sumber masih belum menggunkan media pembelajaran yang tepat. Desain pengembangan dilakukan dengan membuat perencanaan dan pengembangan dengan membuat media buku gambar cerita, tema, tujuan, sumber belajar, ukuran buku, cover, prakata, kompetensi dan indikator, daftar isi, Isi, daftar pustaka dan Biografi. Kelayakan media dengan validasi kualitatif pada ahli media mendapatkan skor 95% dan validasi ahli media mendapatkan skor 89.5% dengan kriteria valid. Angket respon guru yang mendapatkan nilai 86% (sangat suka), respon siswa mendapatkan skor 90% dengan kriteria sangat suka. Uji validitas dan reliabilitas mendapatkan bahwa item instrument dinyatakan valid dan reliabel (alpha 0.783). Uji efektivitas dengan uji coba terbatas mendapatkan nilai t hitung > t tabel (8.546 > 2,1788). Nilai N-Gain 70.56 yang ditafsirkan dalam katagori cukup efektif. Nilai N-Gain 30.07 dalam katagori tidak efektif. Uji coba luas didapatkan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 sehingga menunjukkan adanya pengaruh efektivitas. Hasil perhitungan nilai N-Gain % sebesar 69.2 dalam kategori efektif. Kesimpulan penelitian ini pada hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan minat baca siswa setelah menggunakan media pembelajaran buku cerita bergambar pada anak TK
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | 1. Dr. Moh. Kanzunnudin, M.Pd. 2. Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. |
Kata Kunci: | Buku Cerita Bergambar Berbasis Lingkungan Sekolah, Minat Membaca, Anak TK. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 04:03 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 04:03 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16048 |
Actions (login required)
View Item |