Pengembangan model pembelajaran jigsaw berbasis budaya sekolah pada siswa kelas v sekolah dasar di kudus

Jayanti, Ningrum Dwi (2022) Pengembangan model pembelajaran jigsaw berbasis budaya sekolah pada siswa kelas v sekolah dasar di kudus. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (473kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Jigsaw berbasis Budaya Sekolah pada siswa kelas V Sekolah Dasar di Kudus, serta menguji keefektifan penerapan model pembelajaran Jigsaw berbasis budaya sekolah di kelas V pada tema 8 “Lingkungan Sahabat Kita. Pengembangan perangkat pembelajaran difokuskan pada Model pembelajaran Jigsaw berbasis budaya sekolah. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Langkah-langkah pengembangan produk sebagai berikut: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) ujicoba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk; (10) produksi masal. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan di lima Sekolah Dasar di kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus di kelas V tahun pelajaran 2019/2020. Pengembangan model pembelajaran Jigsaw berbasis Budaya Sekolah menghasilkan beberapa komponen di antaranya: 1) sintak model pembelajaran Jigsaw berbasis Budaya Sekolah; 2) sistem sosial; 3) Prinsip reaksi; 4) Sistem pendukung; 5) dampak instruksional dan dampak pengiring. Hasil analisis data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran berdasarkan masalah pada kelas V tema 8 “Lingkungan Sahabat Kita adalah baik ditinjau dari valid, praktis dan efektif. Adanya Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan sebsar 0,40% dengan kriteria sedang. Uji efektivitas pada pengembangan ini menggunakan pretest-postetst denganhasil perangkat pembelajaran dikatakan efektif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Pembimbing (1) Dr. Hilal M, M.Pd., Pembimbing (2) Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Kata Kunci: Pengembangan, Model Pembelajaran Jigsaw, Budaya Sekolah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Mar 2022 04:35
Last Modified: 23 Mar 2022 04:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16058

Actions (login required)

View Item View Item