Jayanti, Ningrum Dwi (2022) Pengembangan model pembelajaran jigsaw berbasis budaya sekolah pada siswa kelas v sekolah dasar di kudus. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version Download (339kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (350kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (377kB) |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (646kB) |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (612kB) |
|
Text (Bab 5)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (612kB) |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (327kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (473kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Jigsaw berbasis Budaya Sekolah pada siswa kelas V Sekolah Dasar di Kudus, serta menguji keefektifan penerapan model pembelajaran Jigsaw berbasis budaya sekolah di kelas V pada tema 8 “Lingkungan Sahabat Kita. Pengembangan perangkat pembelajaran difokuskan pada Model pembelajaran Jigsaw berbasis budaya sekolah. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Langkah-langkah pengembangan produk sebagai berikut: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) ujicoba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk; (10) produksi masal. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan di lima Sekolah Dasar di kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus di kelas V tahun pelajaran 2019/2020. Pengembangan model pembelajaran Jigsaw berbasis Budaya Sekolah menghasilkan beberapa komponen di antaranya: 1) sintak model pembelajaran Jigsaw berbasis Budaya Sekolah; 2) sistem sosial; 3) Prinsip reaksi; 4) Sistem pendukung; 5) dampak instruksional dan dampak pengiring. Hasil analisis data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran berdasarkan masalah pada kelas V tema 8 “Lingkungan Sahabat Kita adalah baik ditinjau dari valid, praktis dan efektif. Adanya Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan sebsar 0,40% dengan kriteria sedang. Uji efektivitas pada pengembangan ini menggunakan pretest-postetst denganhasil perangkat pembelajaran dikatakan efektif.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing (1) Dr. Hilal M, M.Pd., Pembimbing (2) Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd |
Kata Kunci: | Pengembangan, Model Pembelajaran Jigsaw, Budaya Sekolah |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 04:35 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 04:35 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16058 |
Actions (login required)
View Item |