Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dan jigsaw terhadap hasil belajar ipa siswa kelas iv sd di gugus pangeran diponegoro kecamatan demak kabupaten demak

Dewi, Fika Kurnia (2022) Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dan jigsaw terhadap hasil belajar ipa siswa kelas iv sd di gugus pangeran diponegoro kecamatan demak kabupaten demak. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis efektivitas penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dibandingkan model konvensional terhadap hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya kelas IV SDN Gugus Pangeran Diponegoro 2) menganalisis efektivitas penggunaan model pembelajaran jigsaw dibandingkan model konvensional terhadap hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya kelas IV SDN Gugus Pangeran Diponegoro 3) menganalisis perbedaan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV materi sifat-sifat cahaya di Gugus pangeran Diponegoro Kecamatan Demak Kabupaten Demak. Peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen yang bersifat kuantitatif. Populasi siswa kelas IV di Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Demak dengan sampel siswa kelas IV pada 3 sekolah yaitu SD Negeri Kadilangu 1, SDN Bintoro 10, dan SD Negeri Kadilangu 2. Teknik pengambilan sampel menggunakan tehnik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Analisis data meliputi deskripsi data, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis dengan uji t (independent sample t-test). Hasil penelitian ini adalah 1) model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih efektif dibandingkan model konvensional terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV pada materi sifat-sifat cahaya di Gugus Pangeran diponegoro Kecamatan Demak dibuktikan dengan uji t yaitu nilai thit sebesar 4,722. Karena nilai thit > ttab (4,722 > 2,005) berarti Ho ditolak dan Ha diterima maka hipotesis 1 diterima, 2) model pembelajaran jigsaw lebih efektif dibandingkan model konvensional terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV pada materi sifat-sifat cahaya di Gugus Pangeran diponegoro Kecamatan Demak yang dibuktikan dengan uji t yaitu nilai thit sebesar 5,572. Karena nilai thit > ttab ((5,572 > 2,018) berarti Ho ditolak dan Ha diterima maka hipotesis 2 diterima, 3) model pembelajaran jigsaw lebih efektif dibandingkan inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV pada materi sifat-sifat cahaya di Gugus Pangeran diponegoro Kecamatan Demak yang dibuktikan dengan uji t yaitu nilai thit sebesar 2,571. Karena nilai thit > ttab (2,571 > 2,003) berarti Ho ditolak dan Ha diterima maka hipotesis 3 diterima. Berdasarkan penelitian, guru disarankan perlunya meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran inkuri terbimbing dan jigsaw agar pembelajaran menjadi lebih bermakna. Siswa diharapkan dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran serta dapat menggali potensi yang ada dalam dirinya sehingga hasil belajar dapat meningkat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I Dr. Murtono, M.Pd, Pembimbing II Dr. Fitri Budi Suryani, M.Pd.
Kata Kunci: inkuiri terbimbing, jigsaw, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Mar 2022 05:19
Last Modified: 23 Mar 2022 05:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16063

Actions (login required)

View Item View Item