Pengembangan media film pendek berbasis cerita rakyat grobogan untuk pembelajaran keterampilan menulis bagi siswa kelas iv sd

SUSANTO, DEVINTA AGUNG (2022) Pengembangan media film pendek berbasis cerita rakyat grobogan untuk pembelajaran keterampilan menulis bagi siswa kelas iv sd. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman judul]
Preview
Text (Halaman judul)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (695kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (775kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstrak

lm pendek berbasis cerita rakyat dari Kabupaten Grobogan untuk pembelajaran keterampilan menulis bagi siswa kelas IV SD; (2) Menganalisis desain media pembelajaran menulis cerita rakyat berupa film pendek berbasis cerita rakyat dari Kabupaten Grobogan bagi siswa kelas IV SD yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan guru; (3) Mengidentifikasi penilaian ahli terhadap desain media pembelajaran menulis cerita rakyat berupa film pendek berbasis cerita rakyat dari Kabupaten Grobogan bagi siswa kelas IV SD, (4) Menganalisis efektivitas penggunaan media ajar berupa film pendek berbasis cerita rakyat dari Kabupaten Grobogan pada pembelajaran menulis cerita untuk siswa kelas IV SD. Spesifikasi produk pengembangan adalah film pendek yang berjudul “AJISAKA (Asal Muasal Aksara Jawa) berbasis media aplikasi linktree. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Depelopment mengacu pada tahapan dari Borg and Gall. Produk diuji kelayakannnya oleh ahli materi bahasa, ahli cerita rakyat, praktisi dan ahli media. Subjek uji coba penelitian adalah siswa kelas IV SD yang tersebar di 3 gugus Kecamatan Pulokulon. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, observasi, wawancara, dan angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif, meliputi keterampilan menulis, observasi pembelajaran, dan validasi produk media film pendek. Pengembangan produk media ini berisi tentang kebutuhan media yang di dalamnya mencakup materi, media film pendek dilengkapi dengan LKPD dan evaluasi. Dari data hasil uji validasi ahli media dan praktisi media pembelajaran, diketahui bahwa hasil rata-rata total perolehan nilai yang didapat dari kedua ahli adalah 34,5 dengan persentase per butir indikator penilaian sebesar 78 % dengan kategori valid dan layak untuk digunakan dengan beberapa perbaikan. Data hasil nilai uji ahli cerita rakyat, diperoleh 17 dari skor maksimal 20 dengan total capaian persentase per aspek sebesar 85 % dengan kategori sangat valid dan layak. Data hasil nilai uji ahli materi bahasa, diperoleh nilai 44 dari skor maksimal 52 dengan total capaian persentase per indikator sebesar 85% dengan kategorisangat valid dan layak. Untuk mengetahui efektivitas produk yang dikembangkan, selanjutnya produk pengembangan diterapkan pada pembelajaran melalui uji coba awal dimplementasikan pada 10 siswa kelas IV SDN 2 Tuko. Berdasarkan tabel rekapitulasi unjuk kerja uji, terlihat rata-rata sebelum memanfaatkan produk film pendek adalah 61,5. Setelah menggunakan produk film pendek rata-rata nilai meningkat menjadi 75,5. Peningkatan rata-rata N-gain sebesar 0,36 dengan kategori sedang. Selanjutnya dari hasil perhitungan penilaian kelayakan tersebut, produk pengembangan dilakukan uji coba lapangan utama (diperluas) pada 75 siswa dari 5 SD di Kecamatan Pulokulon. Rekapitulasi unjuk kerja sebelum dan setelah memanfaatkan produk menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai yaitu dari 63,80 menjadi 79,00. Peningkatan rata-rata N-gain sebesar 0,42 dengan kategori sedang. Selanjutnya peneliti melakukan uji t untuk menelaah apakah ada perbedaan atau tidak antara kemampuan awal dan kemampuan akhir pada kelas eksperimen. Dalam pelaksanaannya, uji t ini menggunakan uji Paired Samples T-Test dengan taraf signifikansi < 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan atau interpretasi output SPSS diketahui bahwa Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara hasil belajar keterampilan menulis cerita rakyat antara data pre test dan post test. Sehingga dari hasil ini dapat disimpulkan pula bahwa media film pendek berbasis cerita rakyat Grobogan terbukti efektif dapat meningkatkan hasil belajar pada materi keterampilan menulis bagi siswa kelas IV SD.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. 2. Dr. Irfai Fathurohman, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: media pembelajaran, film pendek, keterampilan menulis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Mar 2022 05:14
Last Modified: 23 Mar 2022 05:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16065

Actions (login required)

View Item View Item