Rahayuningtyas, Fitri Susanti (2022) Pengaruh model pembelajaran somatic auditory visual intelectual dan experiental learning terhadap peningkatan minat belajar siswa tema panas dan perpindahanya kelas v sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (845kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (269kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (539kB) |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (435kB) |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (678kB) |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (322kB) |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (284kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan 1) menganalisis seberapa besar pengaruh model pembelajaran somatic auditory visual intelectual terhadap minat belajar siswa tema panas dan perpindahanya kelas V sekolah dasar, 2) menganalisis seberapa besar pengaruh model pembelajaran experiental learning terhadap peningkatan minat belajar siswa tema panas dan perpindahanya kelas V Sekolah Dasar, 3) menganalisis perbedaan keefektifan antara minat belajar yang menggunakan model pembelajaran somatic auditory visual intelectual dengan experiental learning pada siswa siswa tema panas dan perpindahanya kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah quasi eksperimen. Desain yang digunakan non equivalent control group design, variabel penelitian ini adalah somatic auditory visual intelectual sebagai variabel X1 dan experiental learning sebagai variabel X2 dan minat belajar sebagai variabel Y. Metode penggalian data yang digunakan adalah tes, angket dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji pembeda dan N gain. Hasil penelitian 1) berdasarkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, dan nilai t-hitung 3.389 > t-tabel 1,413, serta nilai pretest 64,44 meningkat pada postest 78,52, Maka dapat diambil kesimpulan terdapat pengaruh model pembelajaran somatic auditory visual intelectual pada kelas eksperimen 1 terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi panas dan perpindahannya kelas V di Sekolah Dasar. 2) Nilai signifikansi 0,000 < 0,05, nilai t-hitung 3.389 > t-tabel 1,413 dan nilai pretest 65,11 meningkat pada nilai postest 74,00 maka dapat kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran experiental learning pada kelas eksperimen 2 terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi panas dan perpindahannya kelas V di Sekolah Dasar. 3) nilai group statistics minat belajar siswa eksperimen 1 pretest adalah 64,44 meningkat pada postest 78,52 dan eksperimen 2 pretest adalah 65,11 meningkat postest adalah 74,00 ini menujukkan bahwa model pembelajaran somatic auditory visual intelectual pada kelas eksperimen 1 lebih baik dari pada model pembelajaran experiental learning pada kelas eksperimen 2 untuk meningkatkan minat belajar siswa di sekolah dasar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1: Dr. Su'ad, M.Pd Pembimbing 2: Dr. Murtono, M.Pd |
Kata Kunci: | SAVI, experiental learning, dan minat belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 06:14 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 06:14 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16070 |
Actions (login required)
View Item |