Pengaruh model flipped classroom dan discovery terhadap hasil belajar ipa siswa kelas v sekolah dasar di gugus wijaya kusuma kecamatan karangtengah kabupaten demak

Sugiharti, Sugiharti (2022) Pengaruh model flipped classroom dan discovery terhadap hasil belajar ipa siswa kelas v sekolah dasar di gugus wijaya kusuma kecamatan karangtengah kabupaten demak. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman judul]
Preview
Text (Halaman judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (542kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (989kB) | Request a copy

Abstrak

Peneliti mengadakan sebuah penelitian yang bertujuan untuk 1. Menganalisis Pengaruh model flipped classroom terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 5 terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V pada pokok bahasan Organ Pernapasan (2) Menganalisis pengaruh model discovery terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V pada materi Organ Pernapasan di Gugus Wijayakusuma Kecamatan Karangtengah. (3) Menganalisis perbedaan pengaruh model flipped classroom dan discovery terhadap hasil belajar IPA pada materi Organ Pernapasan di Gugus Wijayakusuma Kecamatan Karangtengah. terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V materi Organ Pernapasan Manusia di Gugus Wijayakusuma Kecamatan Karangtengah. Peneliti menggunakan model flipped classroom dan discovery. Flipped classroom merupakan salah satu model yang diterapkan secara terbalik dari pembelajaran seperti biasanya yang menggunakan sistem blanded learning. Discovery merupakan suatu model pembelajaran agar siswa menemukan konsep suatu pembelajaran dengan bimbingan dengan guru sehingga pembelajaran berpusat pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berupa eksperimen. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan tes yang berupa pretest dan posttest.. Populasi siswa kelas V di Gugus Wijayakusuma. SD Negeri yang menjadi sampel adalah SD Negeri Dukun 1 , SD Negeri Sampang 1 dan SD Negeri Kedunguter. Dalam pengambilan sample peneliti menggunakan purposive sampling. Peneliti menggunakan instrument berupa tes yang berupa pretes dan postest. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar IPA pada tema organ pernapasan manusia kelas V yang dapat dilihat siswa sudah mencapai rata-rata 85,4 , Nilai Sign 0,00 < 0,05 sedangkan nilai t hitung 7,896 > t tabel 2,074. (2) pengaruh model flipped classroom terhadap hasil belajar IPA pada tema organ pernapasan manusia kelas 5 yang dapa dilihat pada kemampuan rata-rata siswa yang mencapai 78.70, Nilai Sign 0.000 < 0.05 dan nilai t hitung 5,726 > t tabel 2,069. (3) Terdapat pengaruh positif model flipped classroom dan discovery terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 pada pokok Organ Pernapasan di Gugus Wijayakusuma Kecamatan Karangtengah dengan menggunakan uji independent sample t test. Bahwa nilai Sign(2-tailed) 0.029 < 0.05 , dan nilai t hitung sebesar 2,666 > t tabel 2,016 maka dapat diambil kesimpulan bahwa yang ditolak adalah H0 dan yang diterima adalah Ha, ini arinya ada pengaruh yang tidak sama pada rata-rata hasil belajar IPA pada gugus Wijaya Kusuma antara yang menggunakan model Flipped Classroom dan Discovery.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Sri Surachmi W, M.Pd 2. Dr santoso, M.Pd
Kata Kunci: Flipped Classroom, Discovery, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Mar 2022 08:11
Last Modified: 23 Mar 2022 08:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16086

Actions (login required)

View Item View Item