FADLILA, SITI KHOIRIYYANA (2022) Efektivitas model pembelajaran guided inquiry dan teknik mind mapping terhadap hasil belajar ipa siswa kelas iv sd kecamatan jekulo. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab I)
bab I.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab II)
bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab III)
bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab IV)
bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab V)
bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis keefektifan model pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD serta menganalisis keefektifan model pembelajaran dengan teknik mind mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD dan menganalisis keefektifan model pembelajaran guided inquiry dan teknik mind mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Guided Inquiry adalah model pembelajaran yang biasanya diawali dengan pemberian pertanyaan awal atau permasalahan oleh guru. Mind Mapping atau peta pikiran adalah sebuah diagram yang digunakan untuk mempresentasikan kata-kata, ide-ide (pikiran), tugas-tugas atau hal-hal lain yang dihubungkan dari ide pokok otak. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi-experimental dengan bentuk nonequalivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2021/2022 yaitu sebanyak 424 SD di 9 Kecamatan. Pemilihan sampling dalam penelitian ini adalah jenis Cluster Random Sampling yang dilanjutkan dengan teknik Rundom Sampling. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, wawancara tidak terstruktur dan tes. Metode analasis data menggunakan gains skor dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keefektifan model guided inquiry didasarkan uji-t yaitu diketahui bahwa nilai thitung 2,803 lebih besar dibandingkan nilai ttabel 1.98896. (2) Keefektifan model pembelajaran dengan teknik mind mapping didasarkan uji-t yaitu diketahui bahwa nilai thitung 4,104 lebih besar dibandingkan nilai ttabel 1.98896. (3) Perbedaan keefektifan model pembelajaran guided inquiry dan teknik mind mapping didasarkan uji-t yaitu diketahui bahwa nilai thitung 7,741 lebih besar dibandingkan nilai ttabel 1.98896. Simpulan penelitian ini adalah (1) Model pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD materi bunyi lebih efektif, daripada pembelajaran yang menerapkan model konvensional. (2) Teknik mind mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD materi bunyi lebih efektif, daripada pembelajaran yang menerapkan model konvensional. (3) Model pembelajaran guided inquiry dan teknik mind mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD materi bunyi lebih efektif, daripada pembelajaran yang menerapkan model konvensional.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | 1.Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. 2.Dr. Santoso, M.Pd. |
Kata Kunci: | Guided Inquiry, Mind Mapping, IPA |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 04:16 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 04:16 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16126 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
