Peran orag tua dalam memotivasi belajar anak pada pembelajaran daring di desa gemiring lor

Sari, Novy Zuliana (2022) Peran orag tua dalam memotivasi belajar anak pada pembelajaran daring di desa gemiring lor. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (678kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (283kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam motivasi belajar anak pada pembelajaran daring. Pembelajaran daring dalam proses belajar harus ada peran orang tua dalam mendampingi proses belajar anak baik disekolah ataupun dirumah. Proses pembelajaran daring sebisa mungkin orang tua untuk dapat mendapingi anak pada proses pembelajaran jarak jauh melalui daring. Selain itu, peran orang tua sangat penting dalam proses belajar anak ketika dalam pembelajaran daring. Orang tua juga sebagai guru dalam mendapingi anak di rumah. Sehingga dengan pendampingan orang tua dan motivasi dalam proses pembelajaran pun akan semakin positif. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara secara mendalam, dokumentasi, pencatatan. Penelitian dilaksanakan di Desa Gemmiring Lor. Obyek yang di teliti adalah peran orang tua dalam memotivasi belajar anak pada pembelajaran daringanak yang duduk di kelas IV sebagai fasilitator dan subyek penelitian adalah Informannya siswa kelas IV yang berjumlah 3 dan orang tuanya. Berdasarkan hasil penelitian deskripsi kualitatif yang sudah dilaksanakan di Desa Gemiring Lor anak yang duduk di kelas IV dapat disimpulkan bahwa peran orang dalam meningkatkan motivasi belajar anak saat pembelajaran daring di masa pandemi dengan cara memberikan semangat, dampingan untuk belajar, dan memberikan waktu terlebih dahulu untuk bermain setelah itu jika waktunya belajar anak-anak harus belajar untuk menyelesaikan tugas yang diberikan guru. Selain itu, memberikan reweard atau hadiah agar anak ada keinginan belajar. Sedangkan, motivasi belajar agar dalam tujuan proses pembelajaran daring tercapai dengan baik yaitu 1) Semangat dari orang tua, berupa pujian atau penghargaan sebagai bentuk apa yang telah kita lakukan maupun kitacapai, 2) Rasa ingin tahu yang baru, dikarenakan dari dorongan untuk terus belajar agar dapat meraih cita-cita, 3) Kegagalan yang menghampiri, tidak membuat putus asa melainkan ingin berusaha untuk berjuang memperbaiki hasil agar memuaskan, 4) Berusaha belajar dengan giat, agar merasa aman ketika telah menguasai materi pelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing (1) Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A. Pembimbing (2) M. Noor Ahsin, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 25 Mar 2022 01:50
Last Modified: 25 Mar 2022 01:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16136

Actions (login required)

View Item View Item