AL MABRUROH, ZAKIYAH (2022) Analisis jenis dan fungsi wacana iklan barang dan jasa dalam koran suara merdeka edisi oktober 2020. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (395kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (209kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (284kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (128kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (381kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (182kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (766kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis jenis wacana iklan barang dan jasa dalam koran Suara Merdeka edisi Oktober 2020. Dan (2) menganalisis fungsi wacana iklan barang dan jasa dalam koran Suara Merdeka edisi Oktober 2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari koran Suara Merdeka edisi Oktober 2020. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dan catat. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan metode padan referen dengan teknik dasarnya berupa teknik pilah unsur penentu. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti tentang jenis dan fungsi wacana iklan barang dan jasa dalam koran Suara Merdeka edisi Oktober 2020. Menghasilkan 30 wacana iklan dengan 12 jenis dan 18 fungsi wacana iklan. Adapun jenis wacana iklan yakni a) wacana persuasi, peneliti menemukan 3 wacana persuasi dalam iklan di Suara Merdeka. b) wacana ekspoisi, peneliti menemukan 3 wacana eksposisi dalam iklan di koran Suara Merdeka. c) wacana deskripsi, peneliti menemukan 3 wacana deskripsi dalam iklan di koran Suara Merdeka. Dan d) wacana argumentasi, peneliti menemukan 3 wacana argumentasi dalam iklan di koran Suara Merdeka. Adapun fungsi wacana iklan dalam koran Suara Merdeka edisi Okbober 2020 yakni a) fungsi informasi, peneliti menemukan 16 fungsi informasi dalam iklan Suara Merdeka. Dan b) fungsi persuasi, peneliti menemukan 2 fungsi persuasi dalam iklan Suara Merdeka edisi Oktober 2020.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | 1. Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd 2. Luthfa Nugraheni, M.Pd |
Kata Kunci: | iklan barang, jasa, suara merdeka, wacana |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Bahasa dan sastra > Sastra (Umum) |
Program Studi: | DDC > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 28 Mar 2022 08:34 |
Last Modified: | 28 Mar 2022 08:34 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16197 |
Actions (login required)
View Item |