Analisis jenis dan fungsi wacana iklan barang dan jasa dalam koran suara merdeka edisi oktober 2020

AL MABRUROH, ZAKIYAH (2022) Analisis jenis dan fungsi wacana iklan barang dan jasa dalam koran suara merdeka edisi oktober 2020. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman judul]
Preview
Text (Halaman judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (766kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis jenis wacana iklan barang dan jasa dalam koran Suara Merdeka edisi Oktober 2020. Dan (2) menganalisis fungsi wacana iklan barang dan jasa dalam koran Suara Merdeka edisi Oktober 2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari koran Suara Merdeka edisi Oktober 2020. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dan catat. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan metode padan referen dengan teknik dasarnya berupa teknik pilah unsur penentu. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti tentang jenis dan fungsi wacana iklan barang dan jasa dalam koran Suara Merdeka edisi Oktober 2020. Menghasilkan 30 wacana iklan dengan 12 jenis dan 18 fungsi wacana iklan. Adapun jenis wacana iklan yakni a) wacana persuasi, peneliti menemukan 3 wacana persuasi dalam iklan di Suara Merdeka. b) wacana ekspoisi, peneliti menemukan 3 wacana eksposisi dalam iklan di koran Suara Merdeka. c) wacana deskripsi, peneliti menemukan 3 wacana deskripsi dalam iklan di koran Suara Merdeka. Dan d) wacana argumentasi, peneliti menemukan 3 wacana argumentasi dalam iklan di koran Suara Merdeka. Adapun fungsi wacana iklan dalam koran Suara Merdeka edisi Okbober 2020 yakni a) fungsi informasi, peneliti menemukan 16 fungsi informasi dalam iklan Suara Merdeka. Dan b) fungsi persuasi, peneliti menemukan 2 fungsi persuasi dalam iklan Suara Merdeka edisi Oktober 2020.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd 2. Luthfa Nugraheni, M.Pd
Kata Kunci: iklan barang, jasa, suara merdeka, wacana
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Bahasa dan sastra > Sastra (Umum)
Program Studi: DDC > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Mar 2022 08:34
Last Modified: 28 Mar 2022 08:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16197

Actions (login required)

View Item View Item