Studi eksperikmental pengeruh jenis material galvanis, baja st17, stainless steel terhadap hasil bending pada mesin roll pipa

Rudiono, Eko (2022) Studi eksperikmental pengeruh jenis material galvanis, baja st17, stainless steel terhadap hasil bending pada mesin roll pipa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. judul.pdf]
Preview
Text
Hal. judul.pdf

Download (759kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (476kB) | Preview
[thumbnail of BAB II_3.pdf]
Preview
Text
BAB II_3.pdf

Download (926kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB IV_2.pdf]
Preview
Text
BAB IV_2.pdf

Download (905kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (537kB) | Preview

Abstrak

Mesin bending roll pipa sitsem elektrik merupakan pengembangan dari alat pengerol pipa manual. Pada saat melakukan pengerolan tentunya ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil seperti ketepatan sudut poenekukan, keovalan, dan kecacatan hasil tekukan. Tujuan dengan adanya studi eksperimental ini adalah untuk mengetahui pengaruh penekanan lengkungan pipa dengan kedalaman 2 cm, 3cm, dan 4 cm pada mesin pengerol pipa dengan jenis material pipa Galvanis, Baja ST37, Stainles steel.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode ekperimental dengan observasi, Observasi dengan cara melakukan penelitian terhadap penekanan kedalaman lengkungan pipa. Data yang diperoleh dari penelitian dengan hasil pengerolan masing-masing pengerolan dianalisa bertujuan untuk mengetahui pengaruh material pasa sistem pengerolan.Hasil penelitian yang dicapai dalam studi eksperimental ini berupa terwujudnya lengkungan material pipa yang dihasilkan oleh pengerolan pipa. Pada tekanan 2 cm yang dihasilkan material Galvanis 14,6 cm, Baja ST17 14 cm dan Stainless steel 14 cm. Pada tekanan 3 cm yang dihasilkan material Galvanis 23,3 cm, Baja ST17 23,5 cm, dan Stainless steel 22,6 cm. Pada tekanan 4 cm yang dihasilkan material Galvanis 29,8 cm, Baja ST17 32,8 cm dan Stainless steel 30,4 cm. Pengerolan dengan nilai lengkungan yang tinggi diperoleh sebesar 30,6 cm dan terendah sebesar 14 cm.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: 1. Rochmad Winarso, S.T., M.T. 2. Hera Setiawan, S.T., M.Eng.
Kata Kunci: Roll Pipa, Material Pipa, Bending.
Subjects: Teknologi > Teknik mesin dan mekanik
Teknologi > T1 Teknologi (Umum)
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Apr 2022 19:08
Last Modified: 29 Apr 2022 19:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16551

Actions (login required)

View Item View Item