Strategi pengondisian operan pada kegiatan ptmt siswa sd 1 barongan dalam membentuk karakter tanggung jawab

Rosida, Fitri Amelia (2022) Strategi pengondisian operan pada kegiatan ptmt siswa sd 1 barongan dalam membentuk karakter tanggung jawab. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (653kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (20MB) | Request a copy

Abstrak

Perubahan sistem pembelajaran dari yang semula tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh dan kemudian beralih ke Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT), membuat siswa perlu menyesuaikan diri dengan segala ketentuan dalam proses pembelajaran. Hal ini berdampak pada karakter tanggung jawab siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana karakter tanggung jawab siswa dan pembentukan karakter tanggung jawab siswa SD 1 Barongan melalui tipe pengondisian operan pada kegiatan PTMT. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter tanggung jawab siswa dan pembentukan karakter tanggung jawab siswa SD 1 Barongan melalui tipe pengondisian operan pada kegiatan PTMT. Tanggung jawab merupakan sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya. Pengondisian operan adalah situasi belajar, dimana sebuah perilaku atau suatu respon dibuat lebih mungkin untuk terjadi saat diberikan penguatan secara langsung. Pembelajaran tatap muka terbatas merupakan pembelajaran tatap muka dengan waktu dan tempat yang terbatas serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan model pendekatan naratif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas lima. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan pencatatan. Keabsahan data diperoleh dengan triangulasi sumber dan teknik pengumpulan data dalam penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian membuktikan bahwa perubahan sistem pembelajaran berdampak terhadap karakter tanggung jawab siswa, sehingga perlu adanya pembentukan karakter tanggung jawab. Pembentukan karakter tanggung jawab akan semakin kuat bila diberi penguatan secara langsung. Hal ini sesuai dengan teori Pengondisian Operan menurut B.F Skinner. Pengondisian Operan terdiri dari dua konsep utama yaitu penguatan dan hukuman. Penguatan dibagi menjadi penguatan positif (seperti perhatian, persetujuan dan penghargaan) dan penguatan negatif (seperti pengurangan materi dan pemberian jeda penugasan). Hukuman contohnya teguran, penekanan, dan penambahan tugas. Berdasarkan hasil penelitian, pihak sekolah hendaknya mempertahankan program-program sekolah maupun kelas yang berpengaruh terhadap karakter

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1. Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing : 2. Much Arsyad Fardani, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Tanggung Jawab, Pengondisian Operan, dan PTMT
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Dec 2022 18:47
Last Modified: 12 Dec 2022 18:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17149

Actions (login required)

View Item View Item