Nurfebrianti, Indah Putri (2022) Analisis kedisiplinan belajar siswa kelas iv sdn 1 jepang. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB II.pdf - Published Version Download (652kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (652kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (372kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (183kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SDN 1 Jepang, diperoleh hasil bahwa kedisiplinan belajar pada proses pembelajaran masih belum maksimal, hal ini dikarenakan masih kurangnya pemahaman siswa mengenai kedisiplinan belajar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis bentuk kedisiplinan belajar siswa serta faktor penyebab kedisiplinan belajar siswa. Kedisiplinan belajar adalah suatu sikap yang taat dan patuh terhadap suatu peraturan yang berlaku selama mengikuti proses belajar mengajar. Pada saat proses pembelajaran sedang berlangsung, siswa harus memiliki sikap kedisiplinan belajar karena dengan adanya kedisiplinan belajar yang tertanam pada diri siswa akan menciptakan suasana belajar yang nyaman tanpa gangguan apapun dan tujuan pembelajaran dari pembelajaran tersebut dapat tercapai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode naratif yang akan dilakukan di SDN 1 Jepang. Subjek pada penelitian ini adalah 6 siswa dengan tingkat kedisiplinan yang berbeda-beda yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dan 1 wali kelas IV SDN 1 Jepang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi waktu. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kedisiplinan belajar siswa dapat dilihat dari ketepatan waktu datang dan pulang sekolah, tidak keluar ataupun membolos sekolah, tidak menyuruh orang lain bekerja demi dirinya. Siswa kurang disiplin dalam megumpulkan tugas, kepatuhan terhadap peraturan, tidak berbohong, tidak membuat keributan maupun mengganggu teman saat sedang belajar. Kedisiplinan belajar siswa dipengaruhi oleh faktor intrinsik yang meliputi kemampuan kognitif, minat, dan motivasi sedangkan faktor ekstrinsik yang meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Simpulan penelitian ini adalah sikap kedisiplinan belajar siswa kelas IV SDN 1 Jepang masih belum maksimal. Saran untuk sekolah dan guru perlu melakukan upaya untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa dengan menerapkan kebijakan khusus atau pemberian teguran maupun hukuman yang mendidik dan lebih bervariatif.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen pembimbing : 1. Diana Ermawati, M.Pd Dosen pembimbing : 2. Deka Setiawan, M.Pd |
Kata Kunci: | Kedisiplinan Belajar, Siswa Sekolah Dasar, Faktor Penyebab |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 18:57 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 18:57 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17151 |
Actions (login required)
View Item |