AMELIA, NATASYA DWI (2022) PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR ppkn SISWA KELAS V SDN WIRUN KECAMATAN WINONG KABUPATEN PATI. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (477kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (202kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (236kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (144kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (448kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (114kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (204kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam menumbuhkan minat belajar PPKn siswa kelas V SDN Wirun dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat guru dalam menumbuhkan minat belajar PPKn Siswa Kelas V SDN Wirun. Peran guru merupakan tindakan seorang guru yang berkaitan dengan proses pembelajaran pada siswa. Minat belajar merupakan keinginan yang berasal dari dalam diri individu untuk melakukan kegiatan belajar tanpa adanya paksaan. PPKn merupakan muatan pembelajaran yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 untuk membentuk siswa menjadi warga negara aktif, cerdas, terampil, dan memiliki karakter dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Wirun. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis milik Miles dan Huberman yaitu koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam menumbuhkan minat belajar PPKn siswa kelas V SDN Wirun Kecamatan Winong Kabupaten Pati yaitu guru berperan sebagai informator, guru berperan sebagai motivator, guru berperan sebagai pengelola kelas, dan guru berperan sebagai fasilitator. Faktor pendukung guru dalam menumbuhkan minat belajar PPKn siswa kelas V SDN Wirun Kecamatan Winong Kabupaten Pati yaitu keinginan dan ketertarikan untuk melakukan kegiatan belajar yang berasal dari diri siswa, kesehatan siswa, sarana prasarana, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan teman belajar di kelas. Faktor penghambat guru dalam menumbuhkan minat belajar PPKn siswa kelas V SDN Wirun Kecamatan Winong Kabupaten Pati yaitu kurang adanya rasa ketertarikan, kurang menyukai mata pelajaran PPKn, kurangnya perhatian dan pendampingan dari orang tua saat belajar yang mengakibatkan siswa merasa tidak ada semangat dan dukungan untuk belajar. Penelitian ini hendaknya guru dapat memperbanyak media pembelajaran dan metode pembelajaran yang bervariasi untuk digunakan saat pembelajaran PPKn, agar memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1.F.Shoufika Hilyana,S.Si.,M.Pd. Dosen Pembimbing 2.Santoso,M.Pd. |
Kata Kunci: | Peran Guru, Minat Belajar, PPKn. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 21:31 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 21:31 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17179 |
Actions (login required)
View Item |