Dampak penggunaan gadget pada perkembangan emosional dan kognitif siswa kelas iv desa tambahagung kecamatan tambakromo

AFIDAH, SOFIANA NUR (2022) Dampak penggunaan gadget pada perkembangan emosional dan kognitif siswa kelas iv desa tambahagung kecamatan tambakromo. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (727kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (853kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan gadget siswa kelas IV Desa Tambahagung dan mendeskripsikan bentuk pendampingan orangtua dalam penggunaan gadget pada Perkembangan Emosinal dan Kognitif Siswa Kelas IV di Desa Tambahagung Kecamatan Tambakromo. Penelitian ini membahas tentang bentuk dan pendampingan orangtua dalam penggunaan gadget pada perkembangan emosional dan kognitif siswa kelas IV sekolah dasar. Perkembangan emosi mengacu pada reaksi anak terhadap berbagai perasaan yang dialami setiap hari membawa pengaruh besar terhadap cara pandang menyelesaikan masalah, mengambil keputusan, tingkah laku dan menikmati hidup sebagai orang dewasa kelak. Perkembangan kognitif adalah tahapan-tahapan perubahan yang terjadi dalam rentang kehidupan manusia memahami, mengolah informasi, memecahkan masalah dan mengetahui sesuatu. Sedangkan gadget adalah suatu perangkat elektronik yang memiliki fungsi khusus dan praktis dalam penggunanya. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi terhadap permasalahan yang terjadi terkait dampak penggunaan gadget pada perkembangan emosional dan kognitif siswa kelas IV Desa Tambahagung Kecamatan Tambakromo. Penelitian ini merupakan penelitian metode kualitatif pendekatan studi kasus, yang akan dilaksanakan di desa Tambahagung Kecamatan Tambakromo. Objek yang akan di teliti adalah dampak penggunaan gadget pada perkembangan emosional dan kognitif siswa kelas IV.Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan jika rata-rata siswa kelas IV di desa tambahagung sudah mengenal dan memiliki gadget sendiri, rata rata mereka memakai gadget 2-3 jam dalam sehari bahkan lebih, bentuk pendampingan yang dilakukan orangtua dalambentuk pengawasan dan aturan orang tua dalam menggunakan gadget kurang, sehingga anak timbulnya kecanduan gadget. Dampak penggunaan gadget pada perkembangan emosional pada siswa yang berpengaruh dengan pertumbuhan emosi dengan anak mudah marah susah diatur dan berbicara pada diri sendiri saat menggunakan gadget. Sedangkan dampak kognitifnya yang terjadi penurunan konsentrasi dalam belajar, gangguan kesehatan dan kurangnya percaya diri.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Fina Fakhriyah, M.Pd. Dosen Pembimbing 2. Ika Oktaviani, M.Pd.
Kata Kunci: Gadget , Perkembangan Emosional dan Kognitif , Siswa Kelas IV
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Dec 2022 20:35
Last Modified: 13 Dec 2022 20:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17211

Actions (login required)

View Item View Item