Analisis gaya belajar siswa berprestasi dalam Pembelajaran bahasa indonesia kelas iv Sd islam bayt as-salam pecangaan

KHOIRIYAH, MAULIDHATUL (2022) Analisis gaya belajar siswa berprestasi dalam Pembelajaran bahasa indonesia kelas iv Sd islam bayt as-salam pecangaan. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (687kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keunikan yang terjadi di kelas IV SD Islam Bayt Assalam bahwa nilai bahasa Indonesia semua anak nilainya diatas KKM. Dalam meraih prestasi belajar tidak lepas dari cra untuk memperolehnya, salah satunya dengan cara mengetahui gaya belajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) menganalisis gaya belajar siswa berprestasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. (2) menemukan faktor yang mempengaruhi gaya belajar siswa berprestasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini membahas tentang gaya belajar, diantaranya penglihatan (Visual), pendengaran (Auditorial), dan gerakan atau sentuhan (Kinestetik). Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi gaya belajar siswa berprestasi diantaranya kondisi fisik, emosional, psikologis, sosiologis, dan lingkungan. Siswa berprestasi merupakan indikator kualitas pendidikan dan siswa yang memiliki prestasi belajar diatas rata-rata. Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan kegiatan yang berkaitan dengan siswa dan ruang lingkupnya menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian yang digunakan siswa berprestasi kelas IV sebanyak 4 anak. Pengecekan keabsahan data menggunakan kreadibilitas, transferbilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif Miles and Huberman yaitu mereduksi data, setelah itu menyajikan data, menarik kesimpulan dan memverifikasinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Gaya belajar siswa berbeda-beda. ZW cenderung ke gaya belajar Auditorial (75%), BT cenderung ke gaya belajar Auditorial (75%), AN cenderung ke gaya belajar Auditorial (56,25%), dan MK cenderung ke gaya belajar Visual (81,25%). (2) faktor yang mempengaruhi gaya belajar siswa berprestasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia: faktor internal (kondisi fisik baik, kondisi emosional kurang baik karena siswa tidak bisa manahan emosi, kondisi psikologis baik karena intelegensi, minat, motivasi, serta keiapan siswa tinggi) dan faktor eksternal (kondisi sosiologis siswa baik karena hubungan siswa dengan orang tua, keluarga, guru, dan teman sebaya harmonis, kondisi lingkungan baik karena berada dilingkungan yang positif. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) gaya belajar siswa berprestasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kombinasi (Visual, Auditorial, dan Kinestetik) dengan kecenderungan yang berbeda-beda. Gaya belajar yang paling mendominan adalah gaya belajar Auditorial. (2) faktor yang mempengaruhi gaya belajar siswa berprestasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia: faktor internal (kondisi emosional kurang baik karena siswa tidak bisa manahan emosi, dan faktor eksternal (kondisi lingkungan sekolah kurang baik saat hujan sering terjadi bocor)

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons Dosen Pembimbing 2. Siti Masfuah, M.Pd
Kata Kunci: Gaya belajar; Siswa Berprestasi; Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Dec 2022 21:04
Last Modified: 13 Dec 2022 21:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17217

Actions (login required)

View Item View Item