Failah, Widdiya Mar’atul (2022) BENTUK PENERAPAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERMAINAN GOBAK SODOR DI SD 2 RENDENG KUDUS. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (778kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Published Version Download (273kB) | Preview |
Text (BAB 2)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (482kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (151kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (279kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk nilai pendidikan karakter dalam permainan gobak sodor dan untuk mengetahui respons siswa terhadap bentuk penerapan nilai pendidikan karakter yang telah dilakukan oleh guru melalui permainan gobak sodor. Pendidikan karakter adalah usaha seseorang dalam meningkatkan dan membangun budi pekerti, karakter yang dimiliki yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila agar bisa menjadi manusia yang mengetahui, mencintai, dan melakukan kebaikan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, antar sesama, dan dilingkungan sekitar. Nilai pendidikan karakter dapat diterapkan dengan permainan tradisional yaitu salah satunya permainan gobak sodor. Permainan gobak sodor adalah permainan yang dilakukan secara berkelompok dan harus memerlukan kerjasama antar tim dan juga dilakukan dengan gerakan lari dan kelincahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif fenomenologi yang akan dilaksanakan di SD 2 Rendeng dengan subjek penelitian siswa kelas 4. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif menurut Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing. Hasil penelitian ini adalah terdapat bentuk penerapan nilai pendidikan karakter disiplin, jujur, tanggungjawab, kerjasama di dalam permainan gobak sodor yang diterapkan guru kepada siswa kelas IV SD 2 Rendeng dengan cara memberikan penjelasan, motivasi, semangat, nilai terbaik, penghargaan atau hadiah. Respons siswa terhadap bentuk penerapan nilai pendidikan karakter dalam permainan gobak sodor yaitu sangat senang dan suka terhadap bentuk penerapan nilai pendidikan karakter melalui permainan gobak sodor. Hendaknya siswa terus melakukan bentuk penerapan nilai pendidikan karakter dalam permainan gobak sodor dengan baik, dan guru selalu memberikan contoh teladan nilai karakter yang baik kepada siswa-siswanya agar menjadi panutan untuk siswa dalam bersosialisasi dan melakukan tindakan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1. Ristiyani,S.Pd.,M.Pd Dosen Pembimbing 2.M.Syafruddin Kuryanto, S.Si.,M.Or. |
Kata Kunci: | Nilai Pendidikan Karakter, Permainan Gobak Sodor, Siswa |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 19:17 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 19:17 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17241 |
Actions (login required)
View Item |